Al Urwatul Wutsqa Berikan Bekal Life Skill Kepada Santrinya

oleh -
oleh
Pengerjaan Paving Blok oleh Santri PP Al Urwatul Wutsqa, Jum'at 16/10/20.

Sidrap, MitraSulawesi.id– Kata pepatah “guru adalah pengalaman terbaik”. Hal itulah mendasari Pondok Pesantren (PP) Al Urwatul Wutsqa dalam memberikan pendidikan kepada santrinya di tengah masih mewabahnya Pandemi Covid-19 di Kabupaten Sidrap.

Kata Ust Suharto, PP Al Urwatul Wutsqa salah satu pesantren yang didirikan salah seorang ulama kharismatik dari tanah bugis Anregurutta KH. Abd. Muin Yusuf pernah berpesan “narekko engkana mbo’ pengalamammu, engkatonatu paddissengemmu” (jika telah memiliki pengalaman maka ilmu juga sudah kamu miliki).

Baca Juga:  Dapat Rumah dari BAZNAS dan Kodim 1420 Sidrap, Idarni Ucap Terima Kasih

Berdasar dari hal itu pembina Pondok Pesantren ini memberikan pendidikan wirausaha kepada santrinya di tengah Indonesia menghapi Pandemi Covid-19 ini.

“usaha Paving Blok ini sudah berjalan 1 tahun lebih , apalagi di tengah Pandemi Covid-19 tidak ada pembelajaran tatap muka sehingga waktu luang banyak dimiliki dan itulah yang dimanfaatkan” ujar Ust Suharto, S. Pd. I. (pengasuh pondok pesantren Al Urwatul Wutsqaa), Jum’at 16/10/20.

Baca Juga:  Jalanan di Desa Mattirotasi di Kerjakan, Staf Ahli Pangdam XIV Hasanuddin Usulkan Nama 88

Menurutnya lagi, dengan bekal pengalaman hidup di pesantren kelak para santri ketika telah selesai mereka akan memiliki bekal hidup khususnya life skill di tengah-tengah masyarakat.

Ditambahkan juga, bahwa akhir akhir ini sudah ada beberapa pesanan dari masyarakat sekitar Pondok Pesantren yang mengetahui usaha itu. Menurut masyarakat setempat mereka lebih memilih memesan Paving Blok di pesantren karena bisa membantu para santri dan juga Pondok Pesantren.

Diketahui, dalam sehari para santri bisa produksi 200 biji secara manual yang dilakukan disela-sela waktu luang setelah menyetor dan menghafal Al-Qur’an.

Baca Juga:  Melalui HIMAPRODI ES, STAI DDI Sidrap Bantu Warga Lutra

Akmal, salah satu santri PP Al Urwatul Wutsqa menilai adanya kegiatan tersebut menjadi motivasi dan salah satu cara untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. (HK)


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan