Bupati Muh Basli Ali Buka Latsar CPNS Dirangkaikan Pelantikan

oleh -

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Pelatihan dasar (LATSAR) Calon Pegawai Negeri Sipil Lingkup Pemerintah kabupaten Kepulauan Selayar dibuka secara resmi oleh Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (24//5/21).

Pelatihan tersebut dirangkaikan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama pejabat administrator, pejabat pengawas dan pengangkatan pertama PNS dalam jabatan fungsional.

Upacara pembukaan dipimpin langsung oleh Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali, dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, S.H., Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan Drs. Teken, M.M., Para Kepala OPD, Pejabat Struktural dan Fungsional Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Baca Juga:  Ditengah Pandemi Covid-19, Kapolres dan Dandim 1415 Selayar Solid Jaga Keamanan

Terkait dengan Pelatihan tersebut, Bupati Kepulauan Selayar menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan atas kesediannya untuk melakukan kerjasama dalam upaya meningkatan SDM Aparatur lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar termasuk dalam merencanakan dan menyelenggarakan LATSAR ini.

Lebih lanjut Bupati Basli Ali menyebut Pendidikan dan Pelatihan bagi sumber daya CPNS bertujuan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi, nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul, bertanggungjawab dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Berharap melalui sentuhan pendidikan dan pelatihan ini para CPNS mampu mengasah kemampuannya, menjadi wahana untuk meningkatkan keterampilan, kompetensi dan sikap selaku aparatur yang pada akhirnya bermuara pada profesionalisme dalam bekerja dan memberikan pelayanan.

Baca Juga:  Wakil Bupati Selayar Soft Launching Transportasi Online

Dalam bagian sambutan arahannya Bupati juga menegaskan bahwa penerimaan CPNS dilingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dari tahun ke tahun diselenggarakan secara transparan.

“Tidak ada sedikitpun unsur KKN didalamnya, mulai dari penjaringan, seleksi berkas, ujian hingga pengumuman, semua dilaksanakan sesuai regulasi yang ada,” ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, tak lupa Bupati Basli menginstruksikan kepada panitia Latsar untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta guna memberikan contoh yang baik kepada seluruh peserta Latsar dalam memberikan layanan standar dalam system birokrasi pemerintahan.

Sementara itu Sekretaris BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Teken, M.M., mengatakan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan unsur utama sumber daya manusia dipemerintahan yang memiliki peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, untuk itu dibutuhkan proses pembinaan melalui jalur pelatihan sebelum diangkat dan ditetapkan menjadi PNS atau masih dalam masa prajabatan yakni masa percobaan selama satu tahun yang wajib dijalani oleh CPNS.

Baca Juga:  Peringati HUT RI ke-75 Secara Sederhana, Ini Sambutan Bupati MBA

“Tantangan ASN saat ini sangat beragam, dibutuhkan ASN yang memiliki kompetensi baik kompetensi manjerial maupun kompetensi sosio kultural, oleh karena itu pelatihan ini adalah langkah awal para CPNS sebagai ujung tombak pelayanan publik haruslah ditempa untuk menghadapi segala tantangan tersebut,” imbuhnya. (Diskominfo-SP/IC)

Tinggalkan Balasan