Titik Nol TMMD Selayar Nilai Plus Rumah Unik Kampung Tua Bitombang

oleh -

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Belum banyak yang tahu kalau titik nol lokasi pembukaan jalan TMMD Ke 111 Kodim 1415 Kepulauan Selayar (Sulsel), adalah sebuah pemukiman tua diatas bukit, bernama Kampung Tua Bitombang. Kampung Tua Bitombang adalah salah satu obyek wisata budaya yang memiliki keunikan pada rumah warga.

Titik Nol jalan yang dibuka oleh Satgas TMMD Ke 111 Kepulauan Selayar berada pas di ujung timur Kampung Tua Bitombang. Dimana kampung bersejarah ini berada di pedalaman bagian timur pulau Selayar, tepatnya di wilayah kelurahan Bontobangun, Kecamatan Bontoharu.

Baca Juga:  PP HIMALAYAH Berbagi Sembako Hingga Pelosok Penggunungan

Kampung Bitombang dikenal dengan bangunan rumah tua yang unik karena tiang-tiang penyangga bagian belakang mencapai 20 hingga 30 meter mengikuti bentuk topografi tanah yang memang bertebing dan curam.

Keunikan Konstruksi rumah tua warga inilah yang kemudian menjadi bersejarah dan diminati oleh wisatawan. Dan rasanya tidak mungkin rumah dapat berdiri hanya dengan tiang-tiang penyangga bertumpuh di atas tanah bebatuan yang miring.

Rumah warga ini bertahan sampai kurang lebih 90 tahun, dan konon tinggi rumah tersebut berhubungan dengan umur penghuninya. Pemandangan yang bisa dilihat dari rumah sungguh sangat indah. Ditambah warganya yang ramah dan sejumlah keunikan lainnya dari Kampung Tua Bitombang.

Baca Juga:  Sinergi TNI-Polri Himbau Masyarakat untuk Laksanakan Sholat lima waktu di Rumah

Andi Nur Hamzah, salah seorang warga Selayar, Senin (5/7/21) menceritakan bahwa dari titik Nol kampung Tua Bitombang kemudian Satgas TMMD Ke 111 Kepulauan Selayar, membuka jalan dengan menembus hutan dan mengikis bukit membuka keterisoliran warga kampung Tola Lura’Gantarang, selama puluhan tahun.

Ia juga menceritakan kalau sebelumnya, nama kampung Tola pernah viral di media sosial lantaran seorang warga yang sakit harus ditandu menggunakan sarung dengan sebatang kayu dipikul bersama berjalan berjam-jam ke jalan terdekat di Kampung Tua Bitombang.

Baca Juga:  Plh Bupati Selayar Buka Rapat TPAKD Sampaikan Tiga Strong Point

Hasil karya Satgas TMMD Ke 111, kata Andi Nur Hamzah sangat dirasakan mamfaatnya bagi warga Kampung Tola dan kampung Tua Bitombang. Serta memudahkan pengunjung datang dari luar untuk menikmat keindahan pantai timur. Mereka penasaran dengan keindahan dan sumber daya alam kedua kampung di pesisir timur Selayar ini. Titik nol lokasi TMMD ke 111 Kodim Kepulauan Selayar nilai plus rumah unik kampung tua bitombang. (#*#)

Tinggalkan Balasan