Antisipasi Kecelakaan Kerja Konstruksi, DPU Kota Makassar Gelar Uji Sertifikasi

oleh -
Antisipasi Kecelakaan Kerja Konstruksi, DPU Kota Makassar Gelar Uji Sertifikasi

Makassar, MitraSulawesi.id– Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, Dewan Pertukangan Nasional, Perkumpulan Tukang Bangunan Nasional, BPJS Ketenagakerjaan dan PT Pembangunan Perumahan menyelenggarakan uji sertifikasi tenaga konstruksi kepada 30 tukang pekerja proyek pembangunan Makassar New Port (MNP), Sabtu (16/10/2021)

Tujuan sertifikasi adalah untuk memberikan jaminan terhadap keterampilan, kualitas dan kemampuan kerja dari tenaga kerja konstruksi, sehingga mampu menghasilkan produk konstruksi yang memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.

Juga untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja konstruksi yang diakibatkan oleh kurang terampilnya SDM yang ada. Kegiatan ini sesuai amanah Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang jasa konstruksi, dimana penyedia jasa dan tukang yang bekerja di dalam proyek MNP itu wajib bersertifikat,” kata Humas PU Makassar Hamka, Minggu (17/10/2021).

Ia berharap, 30 tukang pekerja proyek MNP dapat menyelesaikan segala prosesnya dengan sempurna untuk peningkatan daya saing dan keunggulan kompetitif pada sektor konstruksi. “Terjamin kualitas pekerjaannya dan disiplin mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) sehingga memenuhi standar mutu internasional,” tandasnya.(*)