Bahas Soal Kehutanan GPII Sulsel dan Pemprov Bertemu

oleh -
oleh

Makassar, MitraSulawesi.id– Pertemuan Kepala Dinas Kehutanan Sulsel Andi Parenrengi dan Pengurus GPII Sulsel di ruangan Kepala DInas Kehutanan membahas tentang kehutanan yang ada di lingkup Provinsi Sulawesi Selatan Selasa, 18/01/22.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Parenrengi mengatakan pada tahun 2020 sampai 2022 ini, Dinas Kehutanan akan melaksanakan lima program. Diantaranya, pertama program penataan hutan dan pemanfaatan hutan, kedua program implementasi hutan dan lahan, ketiga program organisasi sosial, keempat program konsentrasi sumber daya alam dan ekosistem, kelima program penangulangan kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga:  Adanya Intimidasi Oknum Cakades, ini Tanggapan Ketum Cabang Jeneponto

“Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel akan bergerak cepat dalam mengatasi segala persoalan kehutanan baik itu dalam bentuk program organisasi sosial, program konsentrasi sumber daya alam dan ekosistem, program penangulangan kebakaran hutan dan lahan dan lainnya,” ungkap Andi Parenrengi.

Andi Parenrengi juga mengaku satgas penegakan hukum (Gakum) terhadap pelanggaran baik itu pencemaran dan kerusakan lingkungan maupun perambahan hutan terus berjalan.

“Kami juga akan terus bersinergi dan bekerjasama dengan semua pihak terkait termasuk Balai Gakkum Wilayah sulawesi,” tegasnya.

Lanjutnya, oleh karena itu ada beberapa program yang di rencanakan oleh Pemerintah Provinsi terutama dalam rangka mendorong penggunaan kawasan hutan, di antaranya hutan desa, hutan kemasyarakatan dan ada beberapa yang masih di sosialisasikan.

Baca Juga:  Yayasan FORMASI Mallomo Terima Bantuan Satu Unit Motor dari Bank Mandiri

Sementara itu Ketua Umum GPII Sulsel Sahrul mengatakan, persoalan kehutanan adalah persoalan bersama yang tentu akan memberikan keberlanjutan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga diharapkan dalam pertemuan ini akan meningkatkan sinergitas, khususnya bagi seluruh pemangku kepentingan di bidan kehutanan. Untuk itu perlu kesepahaman dan gerak bersama dalam mengatasi persoalan kehutanan untuk wilayah Sulawesi Selatan.

Baca Juga:  Ini Harapan Pa'Serena Monta Bassi Dalam Dialog Kebudayaan

“Mari kita membuat kesepakatan bersama dan bersinergi untuk melihat persoalan-persoalan di bidang kehutanan,” kata Sahrul.

Lanjut Makmur Bidang Kesejahteraan Masyarakat GPII Sulsel berharap segala elemen yang terkait bisa berkolaborasi dan bekerjasama dalam membangun program yang sinergi dan join program dari kementrian, provinsi, guna percepatan pemulihan.

Pertemuan Tersebut dihadiri Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan Andi Parenrengi, Ketua Umum GPII Sulawesi Selatan Sahrul, Bidang Kesejahteraan Masyarakat GPII Sulsel Makmur dan Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah GPII Sulsel Putra.(*)

Tinggalkan Balasan