PLN Hardirkan PLTS Hybrid Terbesar di Sulawesi Selatan, Ternyata Ada di Selayar

oleh -
oleh

Makassar, MitraSulawesi.id– PT PLN (Persero) akan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid Selayar dengan kapasitas 1,3 Mega Wattpeak (MWp) pada salah satu destinasi wisata favorit di Sulawesi Selatan. PLTS terbesar di Sulawesi Selatan tersebut terletak di Desa Parak Kecamatan Bontomanai Kabupaten Selayar.

PLTS Hybrid milik PLN tersebut dibangun di atas lahan seluas 1,46 hektare (ha) dengan total investasi Rp. 39,5. Milyar. General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UIW Sulselrabar), Awaluddin Hafid menjelaskan nantinya, tujuan dari pengoperasian PLTS Hybrid Selayar ini adalah guna meningkatakan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) khususnya di provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga:  Dinsos Selayar Salurkan Bansos Kemensos Kepada Warga Rentan Sosial

“Selain itu kami bertujuan untuk meningkatakan keandalan sistem kelistrikan Pulau Selayar dan mengurangi penggunaan energi fossil,” tandas Awaluddin, Rabu 02/03/22.

Dengan beroperasinya PLTS Hybrid Selayar, maka total daya mampu Sistem Kelistrikan Selayar adalah 11,65 Mega Watt (MW), beban puncak adalah 6,4 MW, sehingga masih terdapat cadangan daya sebesar 5,25 MW. Di samping itu menurut Awaluddin Hafid, hadirnya PLTS Hybrid ini nantinya diharapkan akan turut memberikan sumbangsih dalam menurunkan emisi karbon sebesar 1.400 ton CO2 per tahun.

Baca Juga:  MBA Akan Tindak Oknum yang Cederai Proses Seleksi Guru PPPK

“Kami berterimakasih atas dukungan yang diberikan oleh stakeholder dalam pembangunan PLTS tersebut, kami berharap dukungan dari segenap stakeholder saat pengoperasiannya nanti,” ungkap Awaluddin.

Baca Juga:  Rumah Ini Tampak Seperti Ingin ditelan Bumi Akibat Gempa

“Kami juga mengharapkan, selain akan keindahan alam bawah lautnya, dengan hadirnya PLTS Hybrid Selayar dapat menjadi salah satu obyek wisata serta meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat karena sistem kelistrikan semakin andal,” tandasnya.(*)


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan