IKAHIMSI Wilayah VI dan HMJ Pendidikan Sejarah UHO Sukses Menggelar LKTI Sejarah Tingkat Nasional

oleh -
oleh

Kendari, mitrasulawesi.id — Tahapan akhir lomba karya tulis ilmiah sejarah yang dilaksanakan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Haluoleo Kendari dengan IKAHIMSI Wilayah VI telah selesai digelar pada hari Senin, 5 September 2022 sejak pukul 09.00 sd 17.00 WITA.

Acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang sekaligus memberikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya acara lomba karya tulis ilmiah nasional tersebut.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya dan implementasinya adalah terus mengakji sejarah bangsa kita. Olehnya itu, kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh teman-teman mahasiswa”, tutur Dr. Edi Karno, M.Pd.

Baca Juga:  Perayaan Hut Ke-4 Kodam XVIII/Kasuari, di Warnai Pelestarian Seni Budaya dan Kuliner

Pada lomba karya tulis ilmiah sejarah tingkat nasional tersebut, terdapat empat delegasi dari tiga kampus yang berhasil lolos ke tahap final yakni; delegasi dari Universitas Halu Oleo, delegasi dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dan delegasi dari IAIN Parepare.

Dalam lomba ini, setiap peserta diberi waktu selama maksimal 15 menit untuk mempresentasikan karya mereka masing-masing. Setelah melihat presentasi dari 4 besar grand finalis LKTI yang dinilai oleh dewan juri, maka diputuskan pemenang 1, 2, dan 3 serta juara harapan 1.

Baca Juga:  Kader Pramuka UNCP, Turun Kejalan Poros Palopo

Juara pertama adalah Siti Rohani dan Aditya Purnama dari Jurusan Pendidikan Sejarah UNHALU dengan judul karya ilmiah ” Stagnasi Nilai-nilai Kearifan Lokal Budaya Pokadulu pada Kaum Milineal Bagi Masyarakat di Kecamatan Wadaga Kabupaten Muna Barat”

Juara kedua adalah Hamriana dan Kamra dari delegasi Program Studi Sejarah Peradaban Islam IAIN Parepare dengan judul karya ilmiah: Implementasi Nilai-nilai Karakter pada Perjuangan Andi Abdullah Bau Massepe dalam Mempertahankan Kemerdekaan di Kota Parepare tahun 1945-1947

Baca Juga:  Rujab Gubernur Digeruduk Aliansi Mahasiswa Sulsel

Juara 3 adalah Citra Aulia Wardhana dan Fetrin dari Jurusan Pendidikan Sejarah UNHALU dengan karya ilmiah: Pelaksanaan Tari Ngibi sebagai Identitas Masyarakat Kulisusu di Desa Banubanua Jaya Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara.

Sedangkan juara harapan adalah Suardi Sulaiman dan Miftahul Ikhsan dari delegasi UIN Alauddin Makassar dengan karya ilmiah: Seri Perubahan Masyarakat pada Era Modernisasi”

Setelah melakukan presentasi Karya Tulis Ilmiah pada (5/09/2022) tim peserta juga akan mengikuti field trip ke berbagai kawasan bersejarah di Kota Kendari pada (6/09/2022).

Tinggalkan Balasan