Bank BI Sulsel Gelar Diseminasi Bisnis Rumput Laut di Selayar

oleh -

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) melakukan diseminasi hasil penelitian bersama (joint research) terkait pengembangan model bisnis rumput laut untuk mendorong nilai tambah komoditas ekspor utama, berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Rabu (14/6/2023) siang.

Diseminasi ini dibuka oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH., yang dihadiri oleh Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel, M. Firdaus Muttaqin, bersama para narasumber peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Baca Juga:  Kepala Otoritas Bandara Makassar Temui Bupati Basli Ali Bahas Bandara Selayar

Sementara peserta diseminasi, selain menghadirkan sejumlah kepala OPD terkait, juga menghadirkan sejumlah penyuluh pertanian, Bumdes, pembudidaya komoditas rumput laut, lembaga pendidikan, media massa, serta lembaga perbankan dan koperasi.

Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif mengatakan, rumput laut merupakan komoditas perikananan yang dapat dibudidayakan yang memiliki nilai jual ekspor yang sangat berkembang pesat saat ini. Menurutnya kegiatan praktek budidaya rumput laut telah diterapkan hampir di 50 negara didunia.

Baca Juga:  Pidana Atau Bukan? Polres Selayar Segera Gelar Perkara Penjualan Pulau Lantigiang

Dikemukakan, Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan salah satu kabupaten di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan yang telah melakukan praktek budidaya rumput laut sejak Tahun 2004 lalu.

Baca Juga:  2 Pasien Positif Covid Dirujuk ke Makassar, Sementara Hasil Swab yang Lain Juga Akan Diterima

“Budidaya ini terus berlangsung dengan berbagai dinamika, pasang surutnya dari waktu ke waktu bahkan dari generasi ke generasi,” kata Saiful Arif.


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.