Kodim 1416 Muna Gelar Komsos Membangun Karakter Masyarakat

oleh -

Muna, mitrasulawesi.id – Kodim 1416/Muna menggelar Komunikasi Sosial (komsos) dengan komponen masyarakat bertempat di aula Kodim, Jln Gatot Subroto Kelurahan Sidodadi Kecamatan Batalaiworu Kabupaten Muna, Senin (18/9/23).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Moderasi Beragama Dan Tantangan Polarisasi Di Indonesia”.

Komandan Kodim 1416/Muna Letkol Inf Gilles R.B Hogendorp, S.I.P mengatakan dalam kesempatan itu mengatakan, acara Komsos ini sebagai ajang silaturahmi antara TNI dengan elemen masyarakat.

“Selain itu, komsos ini akan terjalin sinergi antara TNI terutama Kodim 1416/Muna dengan semua unsur di wilayah Kabupaten Muna dan Muna Barat, guna membangun masyarakat Indonesia yang berkarakter dengan berlandaskan wawasan kebangsaan dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan Bangsa,” ujarnya.

Baca Juga:  BPD HIPMI Sulsel Gelar Jumpa Pers, Berikut Tujuannya

Dandim juga menyampaikan bahwa pelaksanaan pemilu di kabupaten Muna berjalan dengan aman tanpa ada gangguan dan hambatan dari manapun karena masyarakat, hal ini perlu kita tingkatkan kembali sehingga Muna bisa lebih maju dalam pembangunan dengan di bantu elemen masyarakat.

Sementara itu Pasi Pers Kodim 1416/Muna Letda Kav Edi Sabara sebagai pengisi Materi mengatakan wawasan kebangsaan merupakan upaya untuk membangun karakter bangsa yang memiliki jiwa nasionalisme patriotisme dan ketahanan nasional yang tangguh.

Baca Juga:  Peduli Kesehatan, Polres Labuhanbatu Semprot Tahanan di Bilik Sterilisasi

“Wawasan kebangsaan nasional yang telah diwujudkan pemuda indonesia yang di kenal dengan sumpah pemuda tgl 28 Oktober 1928,” jelasnya.

Ia menambahkan Wawasan Kebangsaan penting karena kondisi saat ini sudah berubah sehinggga nilai kebangsaan dianggap luntur karena pengaruh perkembangan teknologi, ekonomi dan budaya. Saat ini sudah terpengaruh oleh budaya asing dan terjadi perang moderen yang menghancurkan wawasan kebangsaaan.

Baca Juga:  Pangdam I/BB hadiri Pelepasan Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-Q MONUSCO ke Kongo

“Tidak hanya TNI yang bertanggung jawab atas keselamatan bangsa, akan tetapi juga semua rakyat juga bertanggung jawab atas keselamatan bangsa dan negara. Dengan memantau keamanan dan peduli lingkungan sekitar kita sudah ikut bertanggung jawab terhadap keselamatan bangsa dan negara,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kesbangpol Kabupaten Muna, Para Camat, Para Kades serta undangan sekitar 100 orang.(Pen)

Tinggalkan Balasan