Bersiap Hadapi Pilkada 2020, Bawaslu Gowa Gelar Evaluasi Pemilu 2019

oleh -0 views

Gowa, Mitrasulawesi.id — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa menggelar acara Evaluasi Pelaksanaan Pemilihan Umum serentak Tahun 2019 di Sungguminasa, Jumat (20/09/19).

Kegiatan ini dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Pimpinan Bawaslu Kabupaten Gowa, Kapolres Gowa, Dandim 1409 Gowa, Kajari Gowa dan Stakeholder.

Kegiatan ini sebagai Forum evaluasi Pemilu 2019 dan persiapan menghadapi tahapan Pilkada 2020 mendatang.

Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi yang hadir dalam acara ini memperingati para peserta yang hadir untuk menyampaikan kepada masyarakat agar tidak terlibat dengan Politik uang di Pilkada 2020.

“Saya minta kepada peserta yang hadir untuk menyampaikan kepada masyarakat, jangan bermain-main dengan politik uang karena baik yang memberi dan menerima semua dikenai sanksi Pidana,” ujarnya.

Sambung Kordiv. Pengawasan Humas dan hubungan antar Lembaga (PHL), Juanto (Avol) menegaskan, tugas utama Bawaslu adalah pencegahan dan pengawasan.

Bentuk pencegahan misalnya dalam bentuk forum-forum diskusi, dialog, sebagai media sosialisasi, baik resmi maupun non resmi. Yang kedua adalah pengawasan aktif (temuan) dan partisipatif (laporan).

“Banyaknya laporan ke Bawaslu adalah bentuk kesadaran partisipatif masyarakat Gowa dalam mengawal Pemilu lalu. Dalam konteks demokrasi, ini sehat,” ungkap Juanto.

Selanjutnya Juanto menambahkan, bahwa acara Evaluasi Pelaksanaan Pemilihan Umum serentak Tahun 2019 ini sangat bagus, dan bisa jadi pembelajaran besar untuk Pilkada tahun depan.

“Hal ini penting sebagai salah satu kanal edukasi politik dalam demokrasi. Penyelenggaraan Pemilu yang lalu diharapkan bisa menjadi bekal di Pilkada 2020,” tambahnya.(*)