Ratusan Aliansi Buruh Demo, Direspon DPRD Sulsel

oleh
Ratusan Aliansi Gabungan Buruh yang menggelar aksi demonstrasi menuju DPRD Sulsel.

Makassar, MS– Aliansi Gerak Buruh (AGB), yang menggelar aksi pada tanggal 30 September 2019, direspon baik DPRD provinsi Sulawesi Selatan.

Pertemuan yang dilakukan AGB bersama DPRD provinsi Sulsel, menyambut baik kedatangan massa, pada saat massa aksi melakukan Demostrasi pihak DPRD menerima massa yang berjumlah puluhan orang.

DPRD pun menerima 15 perwakilan dari tiap-tiap organ yang tergabung di aliansi tersebut untuk melakukan audiensi dan diskusi sekaligus penyampaian aspirasi.

Dalam pertemuan tersubut dihadiri 6 orang dari 5 fraksi yang mendelegasikan untuk melakukan audiensi bersama AGB.

Salah satu perwakilan dari organ PPI, menyampaikan beberapa aspirasi dari tenaga kerja pelaut Sulsel.

[caption id="attachment_2606" align="alignnone" width="148"] Para perwakilan buruh yang diterima langsung anggota Dewan.[/caption]

” Kami berharap pemerintah melaksanakan pengawasan ketenagakerjaan di bidang pelayaran, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, selain itu pemerintah daerah provinsi Sulawesi Selatan wajib menerbitkan Perda tentang Penempatan dan Perlindungan tenaga kerja pelaut Sulawesi Selatan. Sebagai bukti kongkritnya perlindungan hukum yang diberikan pemerintah kepada tenaga kerja pelaut ” ucap Anhar.

Hal ini langsung direspon baik oleh salah satu perwakilan dari fraksi PPP yakni Imam Fauzan A.Uskar.

” Kami akan selalu mengusahakan untuk mengawal aspirasi teman-teman, termasuk perlindungan hukum bagi teman-teman pelaut, ini adalah hal yang sangat baik karena berbicara tentang perlindungan teman-teman tenaga kerja pelaut diluar sana, jadi mari kita sama-sama mengawal aspirasi ini, ” Ucapnya.

Salah satu dari perwakilan aliansi tersebut juga mengatakan, bahwa dalam hal perumusan kebijakan perlindungan hukum bagi teman-teman pelaut wajib melibatkan beberapa teman-teman Pelaut.

“Karena ini berbicara soal nasib mereka ketika bekerja diluar sana, jadi wajib kami menghadirkan teman teman buruh di begian pelutan,” ucapnya.

Setelah melakukan audiensi, kertas pernyataan sikap ABG, di tanda tangani oleh satu perwakilan DPRD provinsi Sulsel dan juga satu perwakilan dari aliansi gerak buruh. Kertas pernyataan sikap tersebut selanjutnya di masukkan dalam sebuah kotak untuk dikirim ke DPR RI .

” Salah satu dari teman-teman bisa ikut mengawal kertas ini, yang akan kami kemas secara baik , Kertas aspirasi ini akan kami kirim ke DPR RI,” ucap perwakilan DPRD provinsi Sulsel. (Rian)