Peserta Diklat BST dan SKK 60 Mil Dibekali Latihan Penyelamatan

oleh -81 views

SELAYAR, MITRASULAWESI.ID – Ratusan peserta Diklat Basic Safety Training (BST) dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 60 Mil di Kabupaten Kepulauan Selayar, hari ini Rabu (25/2) melaksanakan pelatihan dengan materi lapangan, berupa praktek penyelamatan dilaut dan pemadam kebakaran.

Materi dilaksanakan diareal pelabuhan Benteng dipandu instruktur dan pemateri dari Politekhnik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar sebagai pelaksana program bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Selayar.

Sebelumnya kepada media Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Selayar,  melalui Drs. H. Oddim Karim, MM Kabid Perhubungan Laut, Andi Caco Amras, menyampaikan kalau program ini dilaksanakan untuk mendapatkan surat kecakapan pelaut dan buku pelaut, tanpa dipungut bayaran dan tentu saja sangat dibutuhkan oleh nelayan dan pelaut kita, jelas Andi Caco.

Program ini merupakan bentuk komitmen kementerian perhubungan melalui Ditjen perhubungan laut dengan tujuan meningkatkan kesadaran terhadap keselamatan dan keamanan di laut, memberikan sertifikasi nasional kepada peserta, kuncinya kepada Pewarta.

Sementara itu Rizal Ruslan, Panitia pelaksana menyebut kalau jumlah pesertanya sebanyak 200 orang dari seluruh wilayah Kepulauan Selayar.

Iya, pelaksanaannya sepekan dan sekarang pada tahapan materi program penyelematan dilaut dan pemadam kebakaran, pungkasnya.

Seorang peserta M. Takwin kepada Pewarta mengatakan bahwa Ia sangat bersyukur ada pelatihan BST dan SKK 60 Mil gratis yang dilaksanakan Pemerintah.

Bukan apanya, menurut Takwin. Kalau mau bayar pasti akan mahal dan BST dan SKK ini sangat Ia butuhkan sebagai seorang nelayan yang sering bawa kapal.

Manfaatnya sangat jelas, karena selain gratis dapat BST dan SKK, kita juga dapat mengetahui ilmu pelayaran dan keselamatan di laut, kuncinya. (#*#)