KPS Bukit Tamalate Ingatkan Pemerintah, Perhatikan Situs Sejarah di Hari Kemerdekaan

oleh -

Makassar,Mitrasulawesi.id– Hari Proklamasi yang berlangsung kemarin, membuat beberapa Organisasi memperingati denga cara yang berbeda begitupun dengan Komunitas Pemerihati Sejarah (KPS) Bukit Tamalate, yang ikut terlibat dalam Pembagian Sembako dan Donor Darah sebagai bentuk perjuangan masyarakat, Senin 17/8.

Kegiatan yang berlangsung di pelataran parkir Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar, berlangsung sukses. 34 kantong darah dan 80 Paket sembako diterima oleh masyarakat Makassar, Senin 17/8.

Bekerjasama dengan PLN UP Makassar Selatan, KSP Bukit Tamalate berkomitmen untuk mengingat perjuangan para pahlawan terdahulu, apalagi beberapa peninggalan situs yang terkesan terabaikan.

Novel Yudistira yang mewakili KSP Bukit Tamalate berharap di hari proklamasi ini, adalah momentum mengingat jasa para pahlawan, apalagi banyak pembelajaran dan kejadian yang memiliki makna sejarah.

“Dihari Proklamasi ini, kami berusaha mengingat kembali jasa para pahlawan yang sangat berpengaruh dalam kemerdekaan ini, dengan perjuangan pantang mundur dan rela mengeluarkan darah hingga nyawa sekalipun menjadi komitmen para pahlawan,” cetus Novel.

 

KPS Bukit Tamalate berkomitmen untuk melestarikan Situs sejarah yang tersebar di Makassar dan Gowa (kerajaan Gowa Tallo), pun akan terus bergerak untuk minta pemerintah memperhatikan peninggalan sejarah.

” Beberapa situs sejarah yang terkesan terabaikan, menjadi bukti ketidak seriusan perintah daerah menjaga dan melestarikan nilai nilai sejarah,” cetus alumni Unibos Jurusan Hukum.

Novel yang juga warga warga Kalegowa Kecamatan Sumba Opu mengharap di hari Proklamasi ke 75 ini, menjadi sebuah momentum dan langkah awal untuk bersama sama memperhatikan dan memelihara situs Sejarah terkhusus yang berada di Eks Kerajaan Tamalate.

” Beberapa situs sejarah yang sudah rusak parah dan tidak terurus, menjadi komitmen kami untuk meminta pemerintah dan instansi terkait ikut terlibat,” tegas Novel.

Dengan menggunakan pakaian adat, Pengurus KSP Bukit Tamalate memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan RI.(rls/tim)