Begini Cara Karang Taruna Abdi Sapanang Peringati Hari Sumpah Pemuda

oleh -

Bulukumba,mitrasulawesi.id– Para pemuda pemudi bangsa memperingati sumpah pemuda setiap tahunnya, Karang Taruna Abdi Sapanang Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Turut andil melakukan aksi bersih-bersih di mesjid, Rabu (28/10/2020).

Namun, Ketua KT Dandi Darta mengatakan pemuda mesti bergerak pada poros perjuangan sebab kemerdekaan Indonesia belum sepenuhnya di kepal oleh bangsa sendiri, Ujarnya.

“Lebih lanjut, kami dari KT Abdi Sapanang mewujudkan peringatan sumpah pemuda berbeda dengan yang lain. Mungkin di luar sana pemuda pemudi memperingati hari sumpah pemuda dengan melakukan aksi unjuk rasa, sedangkan kami melakukan aksi bersih-bersih mesjid yang ada di Desa Sapanang Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Sebab lingkungan yang bersih kita dapat hidup yang sehat, apalagi kebersihan bagian dari iman sebagai mana yang di maksud oleh Rasulullah Saw pada masanya,” ungkap ketua.

Baca Juga:  Makassar Corong Indonesia Timur, Pangdam Pastikan Kondisi Kodim 1408

Olehnya itu, menyatakan sikap bahwa dengan mewujudkan ikrar sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 maka pemuda pemudi di desa Sapanang bersatu untuk melakukan aksi bersih bersih mesjid sebagai bentuk kecintaan terhadap kampung sendiri, sebab siapa lagi yang akan memperbaiki kampung tercinta jika bukan para pemuda pemudi.

Baca Juga:  Pimpin Sertijab, Pangdam XVIII/Kasuari : Jabatan Kasdam Memiliki Peran Strategis

Kemudian, melakukan revolusi pada kampung tidak mesti di lihat dari identitasnya tapi aktualisasi gerakan pemuda. Kami dari pemuda melakukan aksi bersih bersih bukan ingin memperlihatkan kepada pemerintah desa bahwa kami melakukan kegiatan,” ungkap Dandi.

Baca Juga:  MKKS Makassar Akhiri Tahun 2019 dengan Berbagi

Lebih lanjut,kami sebagai pemuda hadir di tengah tengah masyarakat desa Sapanang berkat menyatunya keberpikiran.

“Kami sebagaimana dikatakan oleh Rene Descartes bahwa aku ada karena aku berpikir. Mungkin kurang lebih seperti itu kehadiran para pemuda pemudi di desa Sapanang,” tutupnya.

Penulis:Asrang

Tinggalkan Balasan