Wakil Bupati Ajukan Peningkatan Status SAR di Selayar dari Pos Menjadi Kantor

oleh -

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif, S.H., audience ke Kantor Badan SAR (Search and Rescue), Pencarian dan Pertolongan.

Kunjungan Wakil Bupati Selayar diterima langsung Kepala Badan Marsekal Madya (Marsdya) TNI Hendri Alfiandi di ruang Kerjanya, Jalan Angkasa Blok B.15 KAV 2-3. Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (20/5/21).

Dalam kesempatan itu, Wabup Saiful Arif yang didampingi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Makassar, Djunaidi, mengajukan Proposal Permohonan Peningkatan Status Kelembagaan SAR (Pencarian dan Pertolongan) Selayar dari Pos ke Kantor.

Alasannya, Selayar terdiri dari 11 kecamatan, 6 di daratan besar dan 5 tersebar di pulau pulau kecil, dengan jumlah pulau 130 buah. Kondisi ini menyebabkan tingginya frekwensi mobilitas dan arus barang, penumpang maupun transaksi jasa melalui laut, jelas Saiful Arif.

Akibatnya, potensi terjadinya kecelakaan laut relatif tinggi, sementara itu, Pemda Selayar bekerja sama dengan SAR Selayar belum bisa memberikan pelayanan maksimal karena terbatasnya anggaran, personil mapun armada dan peralatan, sepanjang status kelembagaan SAR Selayar masih setingkat Pos.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Hendri Alfiandi sangat mengapresiasi langkah yang ditempuh Pemerintah Daerah Kepulauan Selayar.

Harapan ini akan dipenuhi oleh Badan Nasional yang dipimpinnya, namun masih butuh waktu, terkait dengan anggaran dan komunikasi dengan Kementrian PAN dan Reformasi Birokrasi.

Kami memaklumi kondisi Selayar, namun kita perlu bersabar untuk melewati proses dan prosedur yang ada, ujar Hendri Alfiandi kepada Saiful Arif.

Karena itu, Hendri Alfiandi memberikan beberapa petunjuk kepada Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Makssar, Djunaidi yang mendampingi Wabup Selayar.

Djunaidi langsung mengiayakan petunjuk ka Badan Nasional dengan menyatakan siap.

Salah satu di antaranya, akan menempatkan kapal operasonal di Selayar, setelah melakukan perbaikan seperlunya, sambil menunggu proses peningkatan status SAR Selayar.

Dalam audince tersebut, Kabasarnas didampingi Sekretaris Utama, Drs. Dianta Bangun, M. Kes dan Kepala Biro Perencanaan, Moh. Barokna Haulah, S.S.

Sementara itu, Wabup Saiful Arif bersama Ka Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar Djunaidi didampingi Kasubbag Umum, Bustanil.

Usai audience, Kaban Nasional Pencarian dan Pertolongan menyerahkan cindramata, sedang Wabup Kepulauan Selayar Saiful Arif menyerahkan proposal permohonan peningkatan status kelembagaan Pencarian dan Pertolongan Selayar. (#*#)