Melalui Inovasi SENTUH PUSTAKA, Dinas Perpustakaan Makassar Raih TOP 99 KIPP

oleh -

MAKASSAR, mitrasulawesi.id — Inovasi SENTUH PUSTAKA Dinas Perpustakaan Makassar akhirnya dapat meraih TOP 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Nasional Tahun 2021 berdasarkan Surat Pengumuman Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB selaku Ketua Tim Sekretariat KIPP 2021 Nomor : B/ 122/ PP. 00.05/ 2021, Rabu (16/6).

Finalis TOP Inovasi Pelayanan Publik Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD Tahun 2021.

Inovasi SENTUH PUSTAKA yang terdaftar melalui kelompok umum harus bersaing ketat dengan 1.458 proposal inovasi yang masuk dari seluruh Indonesia. Melalui serangkaian proses penilaian maka SENTUH PUSTAKA dinyatakan menjadi pemenang TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Nasional Tahun 2021 dan menjadi satu-satunya Inovasi dari Kota Makassar yang lolos di Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) SINOVIK (Sistem Inovasi Pelayanan Publik) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh KemenpanRB.

Sebelumnya Dua inovasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar yakni SENTUH PUSTAKA kategori Pendidikan dan MARI (Magang Mandiri) kategori Pemberdayaan Masyarakat masuk TOP 50 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Namun hanya inovasi SENTUH PUSTAKA dinyatakan lolos TOP 30 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Sulawesi Selatan. Setelah lolos di TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional, SENTUH PUSTAKA akan bersaing kembali untuk bisa meraih TOP 45 Nasional.

Inovasi SENTUH PUSTAKA atau akronim Semua Membantu Menghidupkan Perpustakaan adalah inovasi kolaborasi dan program pendampingan dari kegiatan pembinaan perpustakaan sekolah yang menggabungkan dari beberapa unsur yakni unsur internal yakni Tim Pembina Perpustakaan Sekolah dari Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan Kota Makassar dan unsur eksternal dari Kelompok Kerja Pustakawan (KKP)/ Kelompok Kerja Pustakawan Sekolah (KKPS) dan pegiat literasi, mitra/ penerbit dan Pimpinan Lembaga/ Kepala Sekolah untuk menghadirkan Perpustakaan Sekolah yang berkesesuaian dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Inovasi SENTUH PUSTAKA yang berjalan sejak tahun 2018 dan diperkenalkan pertama kali di SMP Negeri 6 Makassar dan menjadi Rencana Proyek Perubahan (RPP) Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Siswanta A. Attas saat mengikuti Diklat LATPIM II dan menjadi RPP terbaik yang masuk 10 besar. “Alhamdulillah SENTUH PUSTAKA terus berkelanjutan sampai saat ini. Semoga SENTUH PUSTAKA menjadi program inovasi Kota Makassar yang meraih penghargaan di tingkat Nasional”, harap Andi Siswanta.

Program inovasi SENTUH PUSTAKA salah satu dampaknya telah mengantarkan 9 Perpustakaan Sekolah di tahun 2020 memperoleh Akreditasi Perpustakaan dengan predikat A dan B dan tahun ini melalui Dinas Perpustakaan Kota Makassar mengajukan 15 Perpustakaan Sekolah untuk mendapatkan akreditasi Perpustakaan Sekolah.

Inovasi SENTUH PUSTAKA di Tahun 2019 meraih juara 1 lomba Inovasi tingkat Kota Makassar atau Innovation Mayor Award (IMA) yang diselenggarakan oleh Balitbangda Makassar. Inovasi SENTUH PUSTAKA telah memberikan dampak bagi pengembangan perpustakaan khususnya di Sekolah. Beberapa daerah dan instansi Perpustakaan mereplikasi inovasi ini dan menjadi inspirasi pembinaan Perpustakaan.(rls/tim)