Wabup Saiful Arif Buka Workshop Penguatan Pengelolaan Perikanan

oleh -

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Wakil Bupati Kepulauan Selayar H, Saiful Arif, SH., membuka kegiatan Workshop penguatan pengelolaan perikanan berkelanjutan di Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate (TN Taka Bonerate) di Tinabo Room – Reyhan Square, pada Selasa (26/10/2021).

Workshop ini diselenggarakan oleh pihak Balai TN Taka Bonerate bersama dengan mitra Wildlife Conservation Society– Indonesia Program (WCS-IP). Selain Wakil Bupati, acara ini dihadiri oleh Kepala Balai TN Taka Bonerate, Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan, Camat Taka Bonerate, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Kab. Kepulauan Selayar, Koordinator PSDKP Selayar, WCS-IP, Koordinator Penyuluh Perikanan Selayar, Kepala Desa Tarupa, Kepala Desa Rajuni, Kepala Desa Latondu, Kepala Desa JInato, Kepala Desa Tambuna, Kepala Desa Khusus Pasitallu, pelaku usaha perikanan, dan perwakilan dari kelompok nelayan mitra balai TN Taka Bonerate. Selain itu acara ini juga dihadiri secara virtual oleh mitra Balai TN Taka Bonerate dari Bekal Pemimpin.

Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arifmenyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pihak penyelenggara yang telah menginisiasi terlaksananya kegiatan. Beliau juga menambahkan, bahwa output dari kegiatan ini harus dapat diimplementasikan demi tercapainya perikanan berkelanjutan khususnya dalam kawasan TN Taka Bonerate.

Lebih lanjut Wakil Bupati Kepulauan Selayar menyampaikan bahwa untuk mewujudkan pengelolaan perikanan berkelanjutan diperlukan sinergitas antara semua stakeholders.

“Ada tiga pilar penting untuk mewujudkan sinergitas, yaitu koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi,” pungkas H. Saiful Arif, SH.

Sedangkan pihak panitia menyebutkan ada tiga tujuan dari kegiatan tersebut, yaitu untuk mengetahui potensi, karakteristik pemanfaatan sumber daya ikan, dan tantangan dalam pengelolaan perikanan berkelanjutan. Yang kedua adalah harmonisasi arahan kebijakan pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Kecamatan Taka Bonerate, serta tujuan yang ketiga adalah untuk mendapatkan masukan perbaikan rantai pasok perikanan karang dalam TN Taka Bonerate.

Dalam workshop tersebut menghadirkan lima narasumber yang berkompoten dibidangnya, yaitu Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif dengan judul materi Arah Kebijakan Pembangunan Kabupaten Kepulauan Selayar. Pemateri kedua yaitu Kepala Balai TN Taka Bonerate Faat Rudhianto, S.Hut., M. Si., dengan judul materi Pengelolaan Taman Nasional Taka Bonerate.

Hadir pula Camat Taka Bonerate Dian Adi Luhur, S.H., sebagai pemateri ketiga dengan tema Dukungan Kecamatan dan Desa dalam Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan. Disusul Muh. Amran, S.Tp., dari Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan selayar dengan judul materi Kebijakan Pembangunan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepualauan Selayar, serta Muh. Ruslan Smith, S.Pi., Konsultan Perikanan dengan judul materi Kajian Rantai Pasok dan Rantai Nilai Perikanan Karang di TN Taka Bonerate.

Acara ini ditutup secara resmi oleh Kepala Balai TN Taka Bonerate Faat Rudhianto. Namun sebelum ditutup, Faat Rudhianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber, peserta, panitia yang sudah meluangkan waktu, pikiran, dan tenaga sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik.

Kepala balai juga berharap komitmen dari semua pihak untuk bersama-sama mengawal upaya penguatan pengelolaan perikanan berkelanjutan di kawasan TN Taka Bonerate. (Im)