Masjid Bahrul ‘Ulum SMK Negeri 3 Selayar Dibangun

oleh -

Selayar, mitrasulawesi.id – Kepala Kantor Kementrian Agama Kepulauan Selayar melalui Kepala Seksi Binmas Islam, Andi Saiful Herman, SH., melakukan peletakan batu pertama Masjid Bahrul ‘Ulum SMK Negeri 3 Selayar, Senin (13/12/2021).

Diawali dengan membacakan ayat suci Alquran oleh taruna SMK Negeri 3 Selayar.

Peletakan batu pertama Masjid Bahrul ‘Ulum dihadiri langsung oleh Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Selayar Wilayah VI, Usman, S.Pd., MM., Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Selayar, Andi Ahmad, S.Pd., Lurah Benteng Selatan.

Juga dihadiri, Ketua Panitia masjid Bahrul ‘Ulum, Faisal, S.Pi., para Guru dan Staf SMK Negeri 3 Selayar, Tokoh Masyarakat setempat dan orang tua siswa.

Ketua Panitia Masjid Bahrul ‘Ulum, Faisal, S.Pi mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada semua pihak yang telah memprakarsai dan niat yang tulus untuk membantu pelaksanaan pembangunan Masjid Bahrul ‘ Ulum SMK Negeri 3 Selayar.

“Adapun estimasi anggaran masjid ini kurang lebih 300 juta dan ini bersumber murni dari dana swadaya seperti sumbangan para guru, orang tua siswa dan partisipasi donatur,” ucapnya.

Selain itu, Faisal juga berharap dalam proses pembangunan masjid ini, kiranya bantuan dan sumbangan serta partisipasi dari semua pihak masih sangat dibutuhkan sehingga pembangunan ini bisa berjalan dengan lancar, cepat dan tanpa kendala sedikit pun.

Ukuran masjid Bahrul ‘ Ulum seluas 12 kali 11 dan Insya Allah pembangunan masjid ini diperkirakan selesai dalam waktu 6 bulan ke depan sehingga pada Awal tahun ajaran baru 2022 masjid ini sudah bisa dipergunakan dan dimakmurkan oleh seluruh warga SMK Negeri 3 Selayar dan masyarakat sekitar.

Baca Juga:  Tersangka Proyek Bandar Udara Aroepala Dialihkan dari Tahanan Rutan ke Tahanan Rumah

“Barang siapa membangun Masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil maka Allah bangunkan bagiannya (Rumah) seperti itu pula di surga,” ucap Faisal mengutip HR. Ibnu Majah.

Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Wilayah VI Selayar, Usman, S.Pd., MM., mengatakan bahwa peletakan batu pertama pembangunan masjid Bahrul ‘Ulum dapat terlaksana dengan baik dan semoga mendapat berkah, rahmat dan bernilai ibadah di sisi Allah SWT.

“Insya Allah, kami dari Cabang dinas juga akan memberikan bantuan. Mudah mudahan dengan kehadiran masjid kita ini, Insya Allah tahun depan kita bisa gunakan dan diresmikan pada Desember tahun 2022. Olehnya itu mari kita bergerak bersama sehingga secepatnya kita bisa wujudkan pembangunan Masjid ini,” ucap Kacabdin Wil. VI Selayar, Usman, S.Pd.

Lanjut dikatakan bahwa pembangunan Masjid di sekolah merupakan program unggulan Plt Gubernur Sulsel, dimana diwajibkan satu sekolah satu masjid dan sesuai arahan dari bapak gubernur melalui surat edaran Dinas Pendidikan Sulsel salah satunya mengharuskan setiap hari peserta didik mengawali pembelajaran untuk melakukan pengajian, dan ini sudah sejalan dengan program SMK Negeri 3 Selayar pada saat penerimaan siswa baru.

Baca Juga:  Aisyiah Panjang Umur Karena Toleran Pada Fikiran Baru

“Setelah saya indentifikasi untuk jenjang SMK. SMK Negeri 3 selayar adalah sekolah ke tiga membangun Masjid. Apresiasi kepada Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Selayar dan semua pihak yang terlibat dalam pembangunan Masjid Bahrul ‘Ulum karena dari 8 sekolah baru 3 sekolah yang menghadirkan masjid diantaranya SMKN 1, SMKN 4 dan SMK Negeri 3 Selayar,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan, Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Selayar, Andi Ahmad, S.Pd., dalam sambutannya mengatakan bahwa SMK Negeri 2 Benteng berdiri sejak tahun 2007 diatas lahan 33 ribu meter bujur sangkar.

“Sekarang sudah berubah nama menjadi SMK Negeri 3 Selayar dengan 4 Program keahlian jurusan dan masing masing mempunyai ruang praktek siswa seperti Kapal latih, ada berupa empang dan Ruang Praktek siswa (RPS) dan ini merupakan sarana untuk anak anak kita belajar,” ucap Andi Ahmad mengawali sambutannya.

Selain itu, Andi Ahmad juga mengungkapkan bahwa di Sekolah kami terdiri 12 rombel kelas dengan jumlah siswa saat ini sebanyak 175. Namun kami berharap tidak menghitung kuantitas tapi kami menghitung kualitas dan apa yang kami harapkan disini semoga anak anak kita bisa berguna dan mandiri untuk kepentingannya selepas selesainya nanti.

“Olehnya itu, kami merasa belum cukup atas apa yang kami lakukan selama ini hanya untuk kepentingan dunia, sehingga kami berpikir untuk aset jangka panjang atau aset akhirat sehingga muncul buah pikiran untuk membangun masjid yang dinamai dengan Masjid Bahrul ‘Ulum SMK Negeri 3 Selayar,” jelasnya lagi.

Baca Juga:  Daftar Polri Gratis! Polres Selayar Kedepankan Prinsip BETAH No Calo No KKN

Lebih lanjut Andi Ahmad mengungkapkan bahwa hingga saat ini dana yang terkumpul untuk pembangunan masjid masih sekitar 12 juta dan itupun bersumber dari dana internal. Dan Alhamdulillah berkat kerja keras kami, saat ini kita sudah memulai peletakan batu pertama dan mudah mudahan pada saat berjalan nanti semoga masih ada tambahan donatur.

“Mudah mudahan ini berjalan sesuai dengan niat baik dan keikhlasan kita semua. Semoga dalam waktu 6 bulan ke depan Masjid kita ini bisa dimanfaatkan oleh anak anak kita dan masyarakat sekitar,” pungkasnya mengakhiri.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Binmas Islam, Andi Saiful Herman, SH., mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah memprakarsai pembangunan masjid Bahrul ‘Ulum SMK Negeri 3 Selayar.

Olehnya itu kita berharap kepada pihak sekolah ketika masjid Bahrul ‘Ulum selesai kiranya bisa diberdayakan semaksimal mungkin, karena yang menjadi problem bagi kita dan masyarakat ketika suatu masjid sudah dibangun yang berat itu adalah memakmurkannya dengan mengisi Masjid dengan shalat berjamaah, dan juga bisa kepada anak anak kita sholat Dhuha terlebih dahulu sebelum proses belajar mengajar berlangsung, ajaknya. (**)

Tinggalkan Balasan