Buka Musrenbang Bontomanai, Wabup Saiful Arif Perlunya Menyamakan Persepsi

oleh -

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, S.H., membuka secara resmi pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Bontomanai Kabupaten Kepulauan Selayar tahun anggaran 2023 dengan tema “Pembangunan Infrastruktur dasar serta pemulihan ekonomi masa pademi Covid – 19” Kamis (17/2/2022).

Musrembang tingkat kecamatan Bontomanai ini dilaksanakan di Baruga Sayang Desa Polebunging Kecamatan Bontomanai melalui Virtual.

Musrenbang tersebut dihadiri oleh para kepala OPD terkait, Danramil 04, Kapolsek Bontomanai, Kepala KUA, UPT, Ketua TP PKK Kecamatan Bontomanai, Para kepala Desa, ketua BPD se – kecamatan Bontomanai, Pengawas TK/SD dan para kepala sekolah tingkat SMA/SMK, SMP, SD se – kecamatan Bontomanai.

Turut hadir dalam acara Musrenbang anggota DPRD Kepulauan Selayar dari dapil II yaitu Mahmud ST (komisi I), Ali Yathas, ST (komisi II), Hj. Eny Sutiono (komisi I) dan Kasmawati Bacthiar (komisi I).

Wabub Saiful Arif dalam sambutannya mengatakan bahwa penyusunan rencana kegiatan pembangunan daerah perlu disepakati tema pembangunan 2023 sebagai salah satu panduan dalam menyamakan persepsi dan pemahaman bersama tentang pembangunan tahun 2023.

“Mengacu pada sistem perencanaan pembangunan nasional, maka RKPD tahun 2003 harus merujuk pada dokumen perencanaan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Sulawesi selatan, terutama dilihat dari keterkaitan prioritas pembangunan, kebijakan dan arah pembangunan yang akan dilaksanakan tahun 2023,” ungkap Saiful Arif.

Dengan berpedoman pada arah pembangunan berdasarkan RPJPD Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2021-  2026, maka tema pembangunan Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2023 adalah peningkatan kualifikasi desa dan sumber daya manusia untuk pembangunan yang lebih merata melalui inovasi dan pemanfaatan teknologi, informasi, paparnya.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar pada tahun 2023 akan mengangkat lima prioritas pembangunan dengan tujuan utama peningkatan kesejahteraan masyarakat yaitu, pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter dan berdaya saing, peningkatan daya kualitas, tata kelola pemerintahan dan optimalisasi pelayanan publik, pembangunan infrastruktur yang aksesibel dan merata serta sesuai sistem penataan dan pemanfaatan ruang, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan produktivitas masyarakat dengan optimalisasi pengelolaan sumber daya unggulan dan pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati, jelas Wabub Saiful.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui musrenbang ini diharapkan dapat menghimpun seluruh program dan kegiatan yang menjadi aspirasi masyarakat selanjutnya usulan program dan kegiatan dimaksud dapat searah dan bersinergitas dengan arah kebijakan serta mendukung pencapaian target kinerja Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2023 yang telah termuat dalam RPJMD Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2021 – 2026,” tutup Saiful Arif.