Saiful Jihad Minta Bawaslu Gowa Massifkan Informasi Ke Masyarakat

oleh -

GOWA, MitraSulawesi.id– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gowa menggelar rapat peningkatan kapasitas kehumasan di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Gowa, Kamis, (24/03/2022).

Bimtek ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada SDM Bawaslu Gowa terkait pentingnya Bawaslu menjadi corong informasi dan dalam peliputan kinerja kelembagaan Bawaslu.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Koordiv Humas, Saiful Jihad menyampaikan Tugas Humas bukan hanya menjadi corong Bawaslu melainkan mendorong informasi menjadi media pendidikan politik.

“Kegiatan ini cuma sehari, tapi kita berharap kita jiwai setiap harinya, dan bermanfaat, khususnya untuk menyongsong pemilihan,” terang Saiful.

Ia mengungkapkan, tugas Humas bukan cuma menjadi corong Bawaslu tapi juga bisa menjadi telinga dan mata Bawaslu, maksudnya, menurut Saiful, Humas harus melihat persepsi publik apabila ada yang bias maka perlu diluruskan.

“Misalnya dari penelitian Politik uang itu menilai politik uang itu sedekah, kita tangkap informasi ini dari publik, kemudian yang harus dilakukan pencegahan,” bebernya.

Iapun meminta SDM Humas Bawaslu Gowa menyampaikan informasi untuk mengedukasi masyarakat tentang nilai-nilai demokrasi karna itu menjadi tanggungjawab penyelenggara pemilu.

Komisioner Bawaslu Gowa, Koordiv Hukum, Humas dan Datin, Safaruddin, menyampaikan perkembangan dan progres kinerja bawaslu Gowa dibidang media sosial website dan pemberitaan.

“Kita harap semakin meningkat, tentu sama sama kita akan genjot, harapannya capaian ini bisa lebih baik lagi di masa masa mendatang,” bebernya.

Di kesempatan yang sama, komisioner lainnya Koordiv Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga, Juanto, mengapresiasi kerja kerja kehumasan Bawaslu Kabupaten Gowa tetapi menurutnya masih ada hal yang perlu dibenahi.

“Apa yang kita dapatkan, mesti kita aktualisasikan, mensharer kegiatan, membangun opini publik terkait lembaga Bawaslu, juga melalui media kita dapat mendorong edukasi bagi pemilih,” tandas Juanto.(*)