Rawat Budaya Gotong Royong, Masyarakat Desa Tana Toro Melakukan Kerja Bakti

oleh -
Seluruh Elemen Masyarakat, Dusun 6 Lariu, Desa Tana Toro, Kecamatan Pitu Riase Melaksanakan Kerja Bakti Penyemprotan Rumput di Sepanjang Jalan Wilayah Dusun 6 Lariu, 10 Juni 2022.

Sidrap, MitraSulawesi.id — Seluruh Elemen Masyarakat, Dusun 6 Lariu, Desa Tana Toro, Kecamatan Pitu Riase Melaksanakan Kerja Bakti Penyemprotan Rumput di Sepanjang Jalan Wilayah Dusun 6 Lariu, 10 Juni 2022.

Budaya kerja bakti atau yang masyarakat Indonesia kenal itu dengan istilah gotong royong ini, masih terawat di Dusun 6 Lariu, terlihat jelas ketika ada acara atau hajatan salah satu warga, maka warga yang lain akan berbondong-bondong untuk datang membantu meringankan beban yang punya hajatan.

Tak terkecuali dalam hal merawat fasilitas umum seperti infrastruktur jalan. Hal ini juga dapat dilihat setiap hari jumat atau Ahad di wilayah Dusun 6 Lariu. Nampak masyarakat bergotong royong merawat fasilitas umum.

Seperti itulah yg terlihat hari ini di Dusun 6 Lariu, Warga bergotong royong melakukan pembersihan jalan sebagai upaya merawat fasilitas umum.

Syamsul Mansur atau yang akrab disapa Anchu salah satu masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan gotong royong, membenarkan hal tersebut menurutnya gotong royong yang telah menjadi budaya Indonesia sejak ratusan tahun lalu, ini perlu kita rawat.

“Hari ini serentak semua elemen masyarakat Dusun 6 Lariu kerja bakti melakukan penyemprotan rumput jalan di sepanjang wilayah Lariu,” ucapnya.

“Budaya gotong royong ini kan sudah ada di Indonesia sejak sekitar tahun 1800-an, maka warisan ini wajib kita rawat sebagai masyarakat yang peka pada kondisi sosial dan juga bangsa,” tutup Anchu.(*)