Jaga Privasi Pengguna, Facebook Luncurkan Fitur Terbaru

oleh -
oleh
ilustrasi

Luwu Utara, Mitrasulawesi.id— Dilansir dari detik.com Meta memberikan sejumlah fitur baru dalam rangka menjaga privasi pengguna Facebook. Hal itu dijelaskan oleh Arianne Jimenez dalam jumpa pers virtual yang digelar pada Jumat (17/6/2022).

“Kami membangun alat untuk lebih transparan kepada orang-orang dan memberikan mereka kendali terhadap bagaimana data mereka digunakan, dan kami mendesain setiap produk dan fitur baru dengan memprioritaskan faktor privasi,” jelas Arianne dalam acara tersebut.

Berikut adalah 6 fitur baru Facebook untuk menjaga privasi penggunanya

Privacy Checkup

Pada fitur ini, pengguna bisa melihat data apa saja yang dibagikan, bagaimana menjaga keamanan akunnya, dan bagaimana orang lain bisa menemukan data tersebut di laman Facebook.

Baca Juga:  Cegah Pengaruh Negatif TikTok Terhadap Anak, Cukup Lakukan Ini

Access Your Information

Fitur ini memberikan ringkasan informasi profil pengguna yang bisa diakses setiap saat. Jenis-jenis informasinya pun sudah dikategorikan di setiap profil, dan juga ada fitur pencarian untuk mempermudah pencarian kategori data tersebut.

Manage Activity

Ada kontrol arsip yang dipakai untuk mengatur konten agar tak bisa dilihat oleh orang lain, namun tetap ingin disimpan oleh pengguna. Ada juga kontrol untuk menghapus data tersebut. Lalu, konten yang sudah dihapus bisa dipulihkan kembali dalam rentang waktu 30 hari jika pengguna berubah pikiran.

Preferensi Iklan

Terkait dengan transparansi pada iklan yang ditampilkan, pengguna bisa mengetahui kenapa iklan tertentu ditampilkan pada laman mereka lewat fitur ‘Why Am I Seeing This Ad’.

Baca Juga:  Mau Dapat Beasiswa Luar Negeri? Baca Ini, Ya!

Off Facebook Activity

Data dari Facebook yang dibagikan ke aplikasi dan situs web lain bisa dikontrol lewat fitur ini. Pengguna bisa memutus hubungan dengan aplikasi ataupun situs web lain lewat fitur ini.

Data Portability

Lewat fitur ini, pengguna bisa memindahkan data-datanya, terutama foto, ke layanan lain seperti Google Photos dan Dropbox.

Privasi data harus dijaga layaknya sebuah rumah dlam acara yang sama, Noudhy Valdryno, Manager Kebijakan Publik untuk Meta Indonesia, menjelaskan kampanye lain yang diadakan oleh Facebook, yaitu Profil Anda, Rumah Anda.

Kampanye Profil Anda, Rumah Anda, adalah sebuah situs web interaktif yang akan memandu pengguna untuk membangun sebuah rumah dengan proteksi yang dapat disesuaikan dengan keinginan.

Baca Juga:  Kehidupan Manusia Purba di Indonesia

Misalnya bagaimana pengguna mengatur tingkat privasi di akun media sosial masing-masing. Sambil bermain, pengguna juga dapat belajar mengenai fitur-fitur yang ada di Facebook untuk memperkuat privasi akunnya.

“Kita tentu ingin menjaga rumah kita agar tetap aman, kita harus punya mindset yang sama dengan akun di media digital. Menjaga privasi data sama pentingnya dengan menjaga rumah kita. Semakin banyak fitur privasi yang diaktifkan, otomatis profil anda akan semakin aman,” jelas Noudhy. (An)

Tinggalkan Balasan