Santai dan Bersahaja! Gaya Kepemimpinan AKP Irsal yang Disukai Masyarakat

oleh -
oleh
Kapolsek Panca Lautang, AKP Irsal

Sidrap, MitraSulawesi.id– Sosok polisi yang sering nyeruput kopi bareng masyarakat memberikan kesan tersendiri membuatnya dekat dengan masyarakat.

Ya, sosok tersebut adalah AKP Irsal, Kapolsek Panca Lautang, Sidrap. Meski hanya bertugas selama 1 tahun 6 bulan, namun ia begitu dekat dengan masyarakat.

Bagi masyarakat di Panca Lautang, AKP Irsal telah dianggapnya sebagai sosok polisi yang memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah itu.

Polda Sulsel Mutasi 4 Perwira Polres Sidrap
Masyarakat di wilayah hukumnya, menilai AKP Irsal sebagai polisi yang unik, tidak semua polisi memiliki sikap yang sama dengannya.

Selama menjabat Kapolsek Panca Lautang, warga memastikan AKP Irsal tidak pernah bersikap keras, tetapi tegas. Suami dari Ny Yuli T Harahap itu, senantiasa bersikap santai dan bersahaja.

Kini, perwira polisi tiga anak itu, masing-masing Firman Akbar Syaputra, Fitly Surya Dwiputra dan Fira Halifah Putri itu, tidak lama lagi akan meninggalkan tempat tugasnya di Panca Lautang.

Belum lama ini, dia mendapat mutasi sebagai Panit 2 Unit 3 Subdir 1 Resnarkoba Polda Sulsel.

“Terima kasih dan selamat Pak Irsal. Jujur, kami semua sangat sedih dan terharu mendengar kabar kepindahan bapak. Ini terasa sangat berat bagi kami,” tutur Aris, warga Corawali Panca Lautang.

Di mata Aris dan warga lainnya, AKP Irsal adalah sosok polisi yang bersahaja, selama menjabat, dia dinilai polisi yang mampu menjalankan tugasnya dengan santai namun tetap profesional.

Mereka tidak selalu menunjukkan sikap tegas dan keras pada masyarakat, namun tetap mampu menjaga ketertiban dan keamanan.

“Tidak berlebihan kalau saya katakan, beliau adalah polisi bersahaja, juga sering menjadi contoh yang baik bagi rekan-rekannya, karena mereka mampu menjaga kedisiplinan dan profesionalisme dalam bekerja,” ujarnya

Sejak pertama menginjakkan kaki di Panca Lautang, AKP Irsal langsung diterima oleh masyarakat, sedari awal, ia menunjukkan sikapnya yang ramah dan santai.

“Pak Irsal ini lebih mudah untuk diapproach dan dipercayai oleh masyarakat. Hal ini membuat polisi bersahaja lebih efektif dalam menangani masalah-masalah yang dihadapi masyarakat,” katanya.

Salah satu yang membekas di hati masyarakat Panca Lautang, sebutnya, AKP Irsal cenderung lebih open-minded dan tidak selalu menganggap bahwa cara mereka adalah cara yang terbaik.

Baca Juga:  Ngopi Bareng Ketua AGPAII Sidrap, Budi : Guru Adalah Teladan

Hal ini membuat AKP Irsal selama menjabat Kapolsek di Panca Lautang lebih mudah untuk bekerja sama dengan rekan-rekannya maupun masyarakat dalam menyelesaikan masalah.

Maka jangan heran, selama keberadaannya, AKP Irsal mampu menjaga ketertiban dan keamanan sambil tetap menjaga hubungan baik dengan rekan-rekannya demi keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Lain dari itu, AKP Irsal dianggap sosok polisi yang bersahaja juga sering dianggap sebagai polisi yang peduli pada masyarakat.

Selama ini, AKP Irsal dinilai tidak hanya fokus pada tugasnya sebagai penegak hukum, namun juga peduli pada kondisi masyarakat dan berusaha untuk memahami masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

AKP Irsal juga dinilai cenderung lebih toleran dalam menghadapi perbedaan pendapat dan sikap. Dia tidak selalu menganggap bahwa cara mereka adalah satu-satunya cara yang benar, dan cenderung lebih terbuka untuk mendengar pendapat dan sikap orang lain.

Baca Juga:  Pelepasan 41 Alumni TK Kemala Bhayangkari, Kendaraan Masuk Kantor Polisi

Hal ini, kata Aris, membuat polisi bersahaja seperti AKP Irsal ini lebih mudah untuk bekerja sama dengan rekan-rekannya dalam menyelesaikan masalah dan membuat keputusan yang baik.

Sebagai masyarakat awam, AKP Irsal dianggap sangat adil dalam menegakkan hukum di wilayah kerjanya. Dia selama ini tidak hanya fokus pada menegakkan hukum secara teknis, namun juga memperhatikan kondisi sosial dan kemanusiaan dalam menegakkan hukum.

“Tentu saja, hal-hal seperti ini sangat disukai oleh kami masyarakat, utamanya kami di Panca Lautang ini,” ujarnya

Selama bertugas, AKP Irsal juga dinilai memiliki empati yang tinggi. Mereka mampu memahami perasaan dan kebutuhan masyarakat, serta berusaha untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang paling baik bagi masyarakat.

AKP Irsal selama ini cenderung lebih efektif dalam menangani masalah-masalah kriminal. Mereka mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang non-violent dan menghindari konflik yang tidak perlu.

Hal itulah membuat AKP Irsal lebih diterima oleh masyarakat Panca Lautang.

Selama ini, AKP Irsal juga cenderung lebih efektif dalam menangani masalah-masalah sosial. Mereka mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang santai dan menghindari konflik yang tidak perlu.

Intinya, kta Aris, warga di Panca Lautang mengakui AKP Irsal sebagai sosok polisi yang bersahaja. Dia merupakan polisi yang mampu menjaga keseimbangan antara tugas dan kehidupan pribadi.

Baca Juga:  Polres Sidrap Adakan Lomba Kebersihan Mako Sambut Hari Bhayangkara Ke-76

Bahkan satu yang tak mudah dimiliki polisi-polisi yang lain, AKP Irsal mampu mengatur waktu dengan baik dan tidak mengabaikan keluarga dan hobi mereka. Hal ini membuat perwira polisi ini lebih sehat secara fisik dan mental, dan dapat bekerja dengan lebih baik dan efektif.

Di mata warga, AKP Irsal dianggap sebagai polisi yang memiliki integritas yang tinggi. Mereka tidak selalu mengejar keuntungan pribadi dan berusaha untuk menjalankan tugas dengan integritas yang tinggi.

Satu tahun lebih di Panca Lautang, AKP Irsal selalu rendah diri. Namun demikian, Ia mampu mengatasi segala masalah yang muncul di masyarakat

Bagi warga, AKP Irsal adalah sosok polisi yang disukai dan dicintai oleh masyarakat, merupakan polisi yang mampu menjalankan tugasnya dengan baik sambil memperlakukan masyarakat dengan baik dan adil.

Sikapnya yang selalu ramah dan santai, membuatnya sebagai aparat penegak hukum yang disukai dan dicintai oleh masyarakat

Selama menjabat, polisi ini selalu aktif dalam berinteraksi dengan masyarakat di wilayahnya.

Kata warga Aris, AKP Irsal sering dijumpai di lapangan, berbaur dengan masyarakat dan mendengarkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Dia juga selalu siap untuk memberikan solusi dan membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

AKP Irsal juga dikenal sangat toleran dan peduli pada perbedaan. Dia selalu berusaha untuk memahami perbedaan yang ada di masyarakat dan mencari solusi yang dapat diterima oleh semua pihak.(*/Tim)