Kontak Senjata di Papua Antara Anggota KKB dan TNI-Polri

oleh -
[caption id="attachment_902" align="alignnone" width="300"] Senjata anggota KKB yang digunakan jenis Revolver no AE.S030105.[/caption]

Papua, mitrasulawesi.id – Seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tewas baku tembak dengan patroli gabungan TNI-Polri dalam rangka menciptakan suasana damai pasca demo massa beberapa hari lalu di Pasar Ajibama, Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat (23/8/19).

Kontak senjata itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIT., saat patroli melintasi Pasar Terminal Jibama, patroli gabungan dihentikan oleh masayarakat yang lari berhamburan ke arah jalan meninggalkan lokasi terminal.

Dandim, Kapolres dan Danyonif 756/WMS segera berkoodinasi singkat untuk mengatasi anggota KKB yang bersembunyi dalam sebuah mobil minibus berwarna hijau.

Kemudian, Tim membagi sektor pengawasan dan menempatkan anggota masing-masing mengintai anggota KKB yang menggunakan senjata jenis Revolver.

Kapolres berusaha persuasif untuk mengajak melalui pengeras suara, namun tidak dihiraukan. Saat anggota KKB keluar dari mobil dan menembakkan senjatanya sebanyak 4x ke arah petugas dan melukai Ipda Iwan dibagian paha dan anggota sat Pol PP.

Kemudian Danyonif 756 dan Dandim beserta anggotanya langsung melumpuhkan anggota KKB tersebut dari jarak 70m.

Setelah situasi dapat diatasi, Danyonif 756/WMS, Mayor Inf Arif B Situmeang memimpin pembersihan area TKP, pemeriksaan Kendaraan minibus yang ditumpangi anggota KKB dan melakukan penyisiran seluruh area pasar.

Dari hasil pembersihan diperoleh 1 pucuk Senjata jenis Revolver no AE.S030105, 7 butir amunisi, 1 unit laptop, 1 unit HP dan 1 orang OTK tewas di tempat.

Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda menuturkan, kontak senjata itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIT.

“Insiden tersebut juga menyebabkan dua orang terluka tembak yakni anggota Polres Jayawijaya dan anggota Satpol PP Pemda Jayawijaya. Keduanya dirawat di RSUD Wamena,” tutur Tonny Ananda. (#*#/BD)