Pemkab Gowa Akan Anggarkan APBD 2020, Untuk Gerakan Pramuka Gowa

oleh -
oleh

Gowa,Mitrasulawesi.id–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa akan menganggarkan pada Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) 2020, untuk merenovasi Bumi Perkemahan Pramuka atau Lapangan Cadika di Kelurahan Pabentengan, Kecamatan Bajeng.

Hal ini disampaikan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, saat menghadiri penutupan Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa di Baruga Tinggi Mae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Sabtu (8/9).

Penuh antusias para kader Gerakan Pramuka Cabang Gowa, bersalaman dengan Wabup Gowa Abd. Rauf Malaganni

 

Renovasi Bumi Perkemahan Cadika Gowa ini dilakukan agar semakin memotivasi gerakan Pramuka, khususnya di Kabupaten Gowa dalam membentuk generasi-generasi muda yang unggul. Diluar pembenahan struktur Gerakan Pramuka Cabang Gowa.

“Pembenahan Bumi Perkemahan Cadika ini adalah janji saya kepada kakak-kakak Pramuka semuanya. Mohon doa dan dukungannya,” katanya.

Selain itu pula di wilayah tersebut, akan di bangun kantor atau sekretariat Pramuka Kwatir Cabang Kabupaten Gowa.

Baca Juga:  Terima Aduan Jimly Rangkap Jabatan, Pimpinan DPD Serahkan ke BK

“Renovasi ini dilakukan agar kedepan seluruh aktivitas kepramukaan di Sulsel khususnya di Kabupaten Gowa dapat bernaung di Lapangan Cadika,” terangnya.

Bupati Adnan menegaskan, memajukan Gerakan Pramuka adalah tanggungjawab besar yang memang harus dilakukan.

Jika pada dewasa ini baru digaungkan pembentukan karakter sumberdaya manusia, maka sejatinya pembentukan karakter yang baik itu telah diajarkan pada gerakan Pramuka.

“Dalam gerakan pramuka kita diajarkan bagaimana bisa bersama-sama. Mulai dari duduk, makan bahkan mandi bersama-sama. Kita juga dapat tahu bagaimana karakter teman-teman kita dari kebersamaan ini,” terangnya.

Pada gerakan pramuka pula, lanjut Bupati Adnan, kita tidak melihat adanya pangkat, jabatan dan kelas sosial para anggota. Tetapi yang dibangun adalah satu kesatuan, sehingga dapat terbentuk karakter yang baik dan unggul.

Baca Juga:  Perbaiki Pelayanan PDAM Gowa Gandeng Dinas PU

“Saya bisa berdiri di tengah-tengah kakak-kakak dan menjadi Bupati Gowa tidak lain karena pembentukan karakter saya di gerakan pramuka. Ini sudah saya rasakan,” ujarnya.

Melalui organisasi pramuka ini pula sangat mudah membangun sumber daya manusia yang unggul dan tentunya di dukung dengan organisasi kepramukaan yang harus baik dan berlandaskan iman dan taqwa.

“Organisasi ini telah mendarah daging dalam tubuh saya,” tutup Bupati Adnan.

Sementara, Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni mengatakan, gerakan Pramuka juga merupakan organisasi yang dapat melahirkan kader-kader terbaik bagi Indonesia dengan menunjukkan dedikasi dan pengabdiannya bagi pembangunan daerah hingga bangsa.

Baca Juga:  IKAHIMSI Wilayah VI dan HMJ Pendidikan Sejarah UHO Sukses Menggelar LKTI Sejarah Tingkat Nasional

“Banyak kita lihat tokoh bangsa dan putra-putri terbaik negara ini yang lahir dari organisasi Pramuka. Karena memang anggota Pramuka diharapkan memiliki semangat, niat yang tulus untuk berbuat sesuatu sekecil apapun itu bagi negeri,” terangnya.

Ia pun berharap, gerakan Pramuka nantinya dapat berbenah diri dan merapatkan barisan dalam menyusun berbagai program kegiatan dan agenda organisasi kepramukaan.

Tak hanya itu, melalui kepengurusan kwartir cabang yang baru ini, dapat terus menghasilkan berbagai terobosan baru, dalam pembinaan dan pengembangan kepramukaan di Kabupaten Gowa.

Tinggalkan Balasan