Pangdam XVIII/Kasuari Pimpin Upacara Peresmian Kodim 1807/Sorong SelatanA

oleh -
oleh

Teminabuan, mitrasulawesi.id – Pangdam AXVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si. memimpin upacara peresmian Kodim 1807/Sorsel, Rabu (12/8/2020) di Distrik Teminabuan, Kabupaten Sorsel, Provinsi Papua Barat.

“Kehadiran Kodim 1807 jajaran Korem 181/Praja Vira Tama (PVT) di Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) merupakan langkah strategis bagi pembangunan kekuatan, kemampuan, dan gelar Kodam XVIII/Kasuari, guna memperluas jangkauan pelaksanaan tugas pembinaan teritorial (Binter) dalam pemberdayaan wilayah pertahanan dan membantu tugas pemerintah daerah (Pemda) dalam melaksanakan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sorsel, sebagaimana amanat UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI, terkait pelaksanaan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), ujar Pangdam XVIII/Kasuari diawal sambutamnya.

”Saya selaku Pangdam XVIII/Kasuari dan pribadi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Kabupaten Sorong Selatan, Ketua DPRD, Kepala Suku, tokoh adat, Forkopimda, dan segenap masyarakat yang telah membantu dalam proses penyiapan lahan dan fasilitas perkantoran Markas Kodim Sorsel ini. Selanjutnya pada kesempatan ini pula saya sekaligus melantik Letkol Inf Batara Alex Bulo (mantan Dandeninteldam XVIII/Kasuari) sebagai Dandim pertama di Kodim 1807/Sorsel, disertai ucapan selamat menjalankan tugas di Kabupaten Sorsel,” ujar Mayjen Ali Hamdan Bogra.

Baca Juga:  Gegara Sabu, 2 Warga Sidrap Diamankan Sat Resnarkoba Polres Enrekang

Sejalan dengan rencana strategi penataan organisasi Kodam XVIII/Kasuari tahun 2020-2024 tentang pembangunan kekuatan, kemampuan dan gelar Kodam XVIII/Kasuari, lanjutnya, maka pada tahun 2020 ini rencananya akan dilaksanakan secara bertahap peresmian beberapa satuan baru, peningkatan status, dan alih Kodal guna melengkapi Orgas yang telah ada saat ini.

“Maka pada hari yang berbahagia ini saya resmikan berdirinya Kodim 1807/Sorsel, berdasarkan Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Kep/352/IV/2020 tanggal 23 April 2020 tentang persetujuan pembentukan satuan baru di jajaran Kodam XVIII/Kasuari, termasuk didalamnya Kodim 1807/Sorsel sebagai bagian dari Korem 181/PVT,” kata orang nomer satu di Kodam XVIII/Kasuari ini.

Baca Juga:  Tak Kenal Cuaca, Bupati MBA Kembali Lakukan Kunjungan Kerja di Pulau

Pangdam berharap, kehadiran Kodim akan dapat memberikan kontribusi positif dan bersinergi dengan Pemda dalam membantu Bupati selaku kepala daerah melalui forum Forkopimda, guna membangun Kabupaten Sorsel menjadi daerah yang aman, lebih maju dan sejahtera di masa yang akan datang.

“Harapan saya kepada para Prajurit Kodim 1807/Sorsel sebagai insan teritorial dalam pelaksanaan tugasnya ke depan adalah tingkatkan iman dan taqwa kalian kepada Tuhan Yang Maha Esa, pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, jaga kesehatan melalui pembinaan fisik, serta bangun semangat, jiwa korsa, dan kerjasama tim yang solid. Segeralah beradaptasi dengan lingkungan tugas yang baru dan laksanakan tugas Binter dengan mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis serta menghargai kearifan lokal masyarakat,” pesannya.

“Jalin kerjasama dan sinergitas dengan Forkopimda, tokoh adat, tokoh agama, dan segenap komponen masyarakat lainnya. Lakukan pembenahan pangkalan secara bertahap, kembangkan innovasi dan kreatifitas dengan tulus dan ikhlas bagi kemajuan kodim 1807/Sorsel yang kita cintai,” sambung Pangdam XVIII/Kasuari.

Baca Juga:  Kunker Ke Kabupatan Fakfak, Ini Tujuan Pangdam XVIII/Kasuari

Acara yg berlangsung dengan sederhana namun khidmat ini diwarnai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung papan nama Kodim 1807/Sorsel. Dilanjutkan penerimaan 1 unit mobil SUV sumbangan dari Bupati Sorsel kepada Pangdam yang diserahkan kepada Dandim 1807/Sorsel untuk operasional Kodim.

Hadir dalam acara, Danrem 181/PVT Brigjen TNI Yulius Selvanus, para pejabat Kodam XVIII/Kasuari, para Kasi Korem 181/PVT, Bupati dan Ketua DPRD beserta unsur Forkopimda Kabupaten Sorong Selatan lainnya, para tokoh masyarakat dan tokoh agama, Satpol PP, FKPPI,dan Pramuka, serta Dharma Wanita Pemda Kabupaten Sorsel, dan Ketua beserta pengurus Persit KCK PD XVIII/Kasuari, serta para personel Kodim 1807/Sorsel. (rls/tim)

Tinggalkan Balasan