Maraknya Isu Pesantren Akar Teroris, IAPIM PD Makassar Gelar Seminar Nasional

oleh -

Makassar, MitraSulawesi.id– Ikatan Alumni Pesantren IMMIM Pengurus Daerah Makassar atau biasa dikenal dengan IAPIM PD Makassar, melaksanakan kegiatan Seminar Nasional yang diselenggarakan di Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Sabtu 12/02/22.

Kegiatan seminar ini berlangsung selama kurang lebih tiga jam yang dimulai pada pukul 12.00 ba’da dzuhur. Seminar ini mengangkat tema “Peran Pesantren Dalam Menerapkan Islam Moderat Ditengah Radikalisasi”

Narasumber yang dihadirkan oleh IAPIM PD Makassar yaitu, Prof. Dr. Irfan Idris.,M.A (Direktur Badan Nasional Penanggulangan Teroris), Dr. Muhammad Aljebra Aliksan Rauf.,S.H.,M.H (Praktisi Hukum) dan Moderator dari acara seminar kali ini di bawakan oleh, Supriadi Hamid,S.E.I., M.E.I., AWP.

Adapula sambutan dari Ketua Umum IAPIM PD Makassar, Muhammad Akbar dalam sambutannya mengatakan “Berangkat dari keresahan masyarakat bahwa terorisme sangat di takuti oleh masyarakat, apalagi banyaknya kasus-kasus yang membuat pesantren di pandang buruk, bahkan takut untuk berinteraksi dengan pesantren, apalagi ada pandangan mengatakan bahwa akar permasalahan dari terorisme berasal dari pesantren tapi faktanya bahwa saya sebagai alumni pesantren sendiri tidak pernah di ajarkan untuk membenci paham tertentu atau intoleransi,” tuturnya.

“Makanya kami mengangkat tema ini agar marwah pesantren muncul kembali sebgai penjaga nilai. Bahkan saya yakin bahwa pesantren merupakan benteng terakhir ummat islam untuk menjaga nilai dan budaya,” tutup Akbar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasubdi Sosbidit Intelkam Polda Sulsel, Kompol Sismoyo. (HK/tim)