Inovasi Baru Dinas Perpustakaan Makassar, Buat MPM dengan Memadukan Perpustakaan dan UMKM

oleh -
oleh

Makassar, MitraSulawesi.id– 1 unit Box Mini Pustaka Mart (MPM) dari 2 unit yang dikerjakan sudah selesai dan menunggu branding yang dikerjakan oleh tim Telkomsel Branch Office Makassar. MPM merupakan inovasi baru Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang kehadirannya berkolaborasi dengan komunitas Ibu-Ibu Relawan Baca dan didukung oleh PT. Telkomsel dan PT. Penerbit Erlangga Cabang Makassar.

Baca Juga:  Sukses Gelar Dialog 2 Kali Dalam Sebulan, KPS Akan Hadirkan DPR RI Untuk Lestarikan Budaya dan Sejarah

Kepala Dinas Perpustakaan Makassar, Tenri Apalallo dan Kepala Bidang Layanan, Alih Media dan Teknologi Informasi Perpustakaan, Bau Ismail Datu Sawa melihat langsung kehadiran MPM yang saat ini berada di depan Kantor Dinas Perpustakaan Kota Makassar. MPM sejak berada di Kantor Dinas, banyak pengawai dan pengunjung tertarik dan bertanya-tanya tentang konsep MPM dan ingin mengelolanya di lorong karena menurutnya sangat inovatif, keren dan produktif.

Baca Juga:  Pakar Bahasa: Kembalikan Pelajaran Bahasa Daerah di Semua Sekolah, BAK Minta Plt Perhatikan Muatan Lokal

“Mini Pustaka Mart (MPM) nantinya akan dikelola oleh masyarakat di lorong-lorong bersama Komunitas Ibu-Ibu Relawan Baca Kota Makassar. MPM memadukan layanan Perpustakaan dan UMKM sehingga memiliki sisi ekonomi untuk memberdayakan masyarakat dan sisi literasi dalam mengembangkan kegemaran membaca di Kota Makassar,” ungkap Tenri Apalallo, Selasa 22/02/22.

Baca Juga:  Nasran Mone Nilai NH Punya Landasan Pencopotan DPD II

MPM selain menyediakan ratusan buku fisik juga menyediakan ribuan buku elektronik (e-book) dan counter pulsa serta jajanan/ warung yang menunya tergantung pengelola disetiap lorong.(*)

Tinggalkan Balasan