Opini: Prinsip Belajar dan Keterampilan Mengajar

oleh -
oleh
Mahasiswa STAI DDI Sidrap. Sebelah kiri, Risma Rusman, di tengah, Muhammad Heru Hasyim, sebelah kanan, Nurul Husni

Pengertian Belajar Dan Mengajar

Belajar merupakan kegiatan yang melibatkan seluruh indra sehingga perilaku seseorang dapat berubah, baik terhadap dirinya sendiri, orang lain dan lingkungannya. Sedangkan mengajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang pengajar (guru) untuk membantu siswa dalam membangun pemahamannya. Belajar dan mengajar adalah sesuatu yang berbeda tetapi saling  berkaitan  satu sama lain

Prinsip Belajar

Prinsip belajar adalah perilaku yang berubah karena hasil dari belajar yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Sebagai hasil dari tingkah laku yang rasional instrumental, yaitu perubahan yang kita rasakan dan disadari.
  2. tingakah laku yang selalu berkesinambungan satu dengan lainnya
  3. bermanfaat yang menjadi bekal hidup
  4. Positif atau berakumulasi
  5. Aktif sebagai kegiatan yang terencana dan dikerjakan
  6. Tidak berubah-ubah atau bersifat permanen
  7. Memiliki tujuan dan terarah
  8. Mencakup semua peluang kemanusiaan
Baca Juga:  Taraf Hidup Masyarakat dalam Bayang Covid-19

Keterampilan Dasar Mengajar

Kurikulum yang sangat sempurna atau seideal apapun itu apabila tidak diimbangi dengan potensi guru dalam mengaplikasikannya maka kurikulum tersebut belum dikatakan maksimal. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan keterampilan dasar menjadi guru. Guru tidak hanya dilahirkan tetapi harus dibentuk dan dibimbing terlebih dahulu.

Baca Juga:  Opini: IKA yang Mulai Cantik dan Semakin Dilirik; Sebuah Probabilitas dan Ekspektasi

Keterampilan dasar adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru yang merupakan hasil dari proses belajar yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan. Keterampilan dasar mengajar menjadi bekal bagi guru atau calon guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa agar tepat sasaran.

Delapan Keterampilan Dasar Mengajar

  1. Questioning skill, Keterampilan dalam mengajukan pertanyaan
  2. Reinforcement, Keterampilan dalam memberikan penguatan atau motivasi
  3. Variation Stimulus, Keterampilan mengadakan variasi atau perubahan sehingga tidak membosankan
  4. Explanning, Keterampilan dalam menyampaikan materi atau menjelaskan
  5. Set induction and closure, Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
  6. Keterampilan membimbing diskusi pada kelompok kecil
  7. Keterampilan dalam mengelola kelas sehingga tercapai kondisi yang optimal
  8. Keterampilan membimbing diskusi pada kelompok kecil
Baca Juga:  Tendensi Memaksakan Pilpres Satu Putaran

Referensi

Lefudin. (2014). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: deepublish.

Mansyur. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar dan Pengguasaan Kompetensi Guru . Jurnal el-Ghiroh , 131-132.

Santoso, H. B., & Subagyo. (2017). Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar. Jurnal taman vokasi , 41.

Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran teori dan praktik . Yogyakarta: Ar-ruzz.

 

Penulis

Risma Rusman, Muhammad Heru Hasyim, Nurul Husni

Tinggalkan Balasan