Opini: Pasar Oligopoli dan Pasar Monopolistik

oleh -1 views
Ilustrasi

Opini, MitraSulawesi.id– Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual/beli barang/jasa.

Adapun penggolongan pasar

  • Menurut waktunya

Pasar harian

Pasar mingguan

  • Menurut wujudnya

Pasar abstrak

Pasar konkret

  • Menurut ruang lingkupnya

Pasar domestik

Pasar global (Internasional)

Penulis, Mahasiswa STAI DDI Sidrap Prodi Ekonomi Syariah, Aisyah

Bentuk-bentuk pasar

  • Pasar Persaingan Sempurna
  • Pasar Monopoli
  • Pasar Oligopoli
  • Pasar Monopolistik

Adapun yang ingin kita bahas adalah Pasar Oligopoli & Pasar Monopolistik

Pasar Oligopoli

Pasar Oligopoli adalah suatu jenis pasar yang hanya terdapat beberapa penjual/produsen untuk menyediakan keperluan dari pembeli/konsumen yang banyak di pasar.

Ciri-ciri pasar oligopoli

  • Terdapat banyak pembeli di pasar
  • Hanya ada beberapa penjual
  • Produknya bisa bersifat homogen,dan bisa juga berbeda, namun memenuhi standar tertentu
  • Sulit untuk masuk ke dalam pasar
  • Penggunaan iklan sangat intensif
  • Pengambilan keputusan antar perusahaan sangat mempengaruhi, misalnya: satu penjual menurunkan harga atau memberikan discount, maka penjual yang lainnya akan melakukan rekasi, yaitu melakukan hal yang sama.
Baca Juga:  Opini: Didiklah Anak Sholat, Supaya Ia Selamat
Penulis, Mahasiswa STAI DDI Sidrap Prodi Ekonomi Syariah, Risni

Kebaikan pasar oligopoli

  • Dengan adanya penerapan teknologi baru, produsen mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
  • Adanya kebebasan memilih bagi pembeli
  • Iklan sebagai efesiensi dalam menjalankan kegiatan produksi.

Kelemahan pasar oligopoli

  • Produsen yang telah memiliki modal besar dapat menutup pasar bagi produsen produk sejenis
  • Untuk memasuki pasar dibutuhkan investasi yang besar
  • Adanya persaingan dari produsen untuk mendapatkan pasar
Penulis, Mahasiswa STAI DDI Sidrap, Prodi Ekonomi Syariah, Ryan Saputra

Contoh pasar oligopoli

  • Pabrik semen
  • PLN
  • TELKOM
  • Jasa penerbangan
  • PAM
Baca Juga:  Opini : Konsep Dan Fungsi Manajemen Di Lembaga Pendidikan Islam

Pasar Monopolistik

Pasar Monopolistik adalah Suatu bentuk pasar yang banyak produsen yang saling berkompetisi/bersaing dengan produk yang hampir sama/serupa namun memiliki beberapa perbedaan seperti kualitas, bentuk, dan ukuran.

Ciri-ciri pasar monopolistik

  • Terdapat banyak produsen/penjual namun tidak sebanyak pasar persaingan sempurna
  • Barang yang dijual terdeferensiasi/berbeda corak (merk, mutu, kualitas, model, bentuk, teknologi, dan lain-lain)
  • Produsen mampu mempengaruhi harga (price maker)
  • Produsen lain mudah masuk ke dalam pasar, namun produsen yang ingin memasuki pasar harus mampu menciptakan produk dengan jenis berbeda dan lebih menarik dari produk lainnya.
  • Iklan/promosi produk sangat dibutuhkan

Kebaikan pasar monopolistik

  • Terdapat inovasi produk, yang dapat memudahkan konsumen dalam memperoleh barang sesuai dengan selera
  • Konsumen mendapatkan pelayanan yang baik karena perusahaan ingin memuaskan pelanggan demi mengisolasi dirinya dari persaingan
Baca Juga:  Dampak COVID-19 Terhadap Perekonomian Perusahaan

Kelemahan pasar monopolistik

  • Biaya promosi mahal
  • Terjadi pemborosan sumber daya ekonomi
  • Konsumen membayar harga barang yang lebih tinggi dari MC-nya

Contoh pasar monopolistik

  • Pabrik rokok
  • Pabrik motor
  • Pabrik mobil
  • Pabrik terigu
  • Pabrik mie
  • Pabrik sabun
  • Pabrik odol

Penulis, Aisyah, Risni, Ryan Saputra 


Eksplorasi konten lain dari Mitra Sulawesi

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses