Jusuf Kalla: Lewat Nilai Pancasila, Kita Harus Membantu Masyarakat Rohingya

oleh -

Jakarta, mitrawulawesi.id – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan persoalan pengungsi Rohingya merupakan tanggung jawab lembaga internasional seperti IOM dan UNHCR. Sehingga kerja sama dengan kedua lembaga tersebut dibutuhkan dalam proses mencari solusi dari para pengungsi asal Rohingya tersebut.

“Ini tugas dari lembaga-lembaga internasional seperti IOM dan UNHCR. Mereka juga harus turut membantu dan bertanggungjawab dan membicarakannya dengan pemerintah (Indonesia),” tegas JK usai menerima donasi bantuan untuk palestina dari pemirsa TV One senilai 16.553.000.000 di Markas PMI,Jalan Gatot Subroto,jumat (15/12/2023).

Baca Juga:  BKPRMI Sidrap Bakal Gelar Musda, 7 Pengurus DPK Dilantik

Di sisi lain, JK mengingatkan bahwa masyarakat Indonesia tidak serta merta melakukan penolakan terhadap para imigran tersebut. Indonesia, kata JK, memiliki semangat dan nilai dasar Pancasila pada sila Kemanusiaan yang adil dan beradab. Sehingga semangat itu bisa menjadi alasan untuk membantu mereka keluar dari kesulitan.

Baca Juga:  Mesin Merk Kubota Hilang, Masyarakat Batuara Takalar Laporkan Ke Mapolsek

Ketua DMI itu bahkan menyebut bagaimana warga Eropa bisa menerima pengungsi dari Afrika dan Syiria.

Baca Juga:  Kapolres Sidrap : Saya Tidak Mau di Polres Sidrap Ada Anggara 2020 dikelola Seperti Bagi-bagi Kue

“Ingat kita punya Pancasila. Lebih dari itu, masa kita sesama muslim tidak menolong sesama muslim yang kesulitan. Orang Eropa yang non muslim saja mau menerima pengungsi dari Afrika dan Syiria,” sebut JK lagi.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.