Dandim 1415 Selayar Gelar Kegiatan Pembinaan Kesiapan Babinsa

oleh -0 views

SELAYAR, Mitrasulawesi.id – Kodim 1415 Kepulauan Selayar menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) dan Kemampuan teritorial Bintara Pembina Desa (Babinsa) Triwulan III Tahun 2019, yang berlangsung di Aula Makodim Jln Kelapa Kelurahan Benteng Selayar (5/9/19) Pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim, Letkol. Arm. Yuwono. S.Sos M.M, Pjs. Kasdim, Kapten Inf. Busrah, Para Danpos dan Babinsa Daratan Jajaran Kodim 1415 Kepulauan Selayar.

Kegiatan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial dimaksudkan untuk meningkatkan Sumberdaya Prajurit, kesiapan Prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan.

Letkol Arm Yuwono S.Sos M.M dalam sambutannya menguraikan dan memaparkan terperinci tugas dan tanggungjawab  aparat kewilayahan.

“Tugas dan tanggung jawab Apkowil dalam melaksanakan pembinaan teritorial mencegah segala bentuk ancaman dan tindakan yang dapat merusak ketentraman ketertiban keamanan bagi masyarakat di daerah binaannya,” ucapnya.

Selain itu Dandim juga menekankan aparat kewilayalahan untuk mempertajam kembali kemampuan teritorialnya yang meliputi temu cepat dan lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, pembinaan perlawanan rakyat dan komunikasi sosial.

Hal tersebut menurut Dandim sangat dibutuhkan untuk mencegah serta mengeliminasi setiap ancaman, gangguan yang kemungkinan akan terjadi diwilayah tugasnya masing-masing.

“Bahwa setiap Apkowil (Babinsa) dibekali Intelijen Teritorial guna melakukan cegah dini dan deteksi dini terhadap ancaman ancaman yang kemungkinan akan terjadi  guna terciptanya rasa aman dan ketentraman di wilayah” Papar Dandim

Sementara Kapten Inf Busrah, dalam arahannya menyampaikan bahwa Apkowil dalam melaksanakan tugas sehari hari harus menguasai 5 kemampuan teritorial.

“Lakukan pendekatan dan rangkul masyarakat, dengan membantu kesulitan yang dialami oleh warga di wilayah binaannya,” pintahnya.

Mendekati pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 Apkowil(Babinsa) harus menjaga Netralitas TNI dan Polri dengan tidak memihak kepada salah satu calon. Tingkatkan terus sinergitas kita antara TNI POLRI begitupun terhadap pemerintah guna mendukung tugas kita sebagai Apkowil. Jelas Kapten Busrah mengakhiri arahannya. (Ld/Ic)