Pemerintah Selayar Bersama Masyarakat Laksanakan Shalat Gerhana di Masjid Agung Al-Umaraini

oleh -
oleh

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Mendasari press release yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI tertanggal 19 Desember 2019, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar melakukan shalat gerhana yang dipusatkan di Mesjid Agung Al-Umaraini Benteng, Kamis (26/12/2019).

Imam dan khotib dalam shalat gerhana itu adalah Asisten Ekbang dan Kesejahteraan Setda Kepulauan Selayar Ir. H. Arfang Arif, diikuti oleh Ketua MUI Selayar Drs. H.M. Ridwan, para pejabat dan ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Instansi vertikal, serta masyarakat umum lainnya.

Pelaksanaan shalat gerhana dilakukan usai seluruh jemaah melaksanakan shalat Dhuhur berjamaah di Mesjid Agung Al-Umaraini. Asisten Ekabangkes sekaligus memberikan tauziah kepada jemaah yang hadir.

Baca Juga:  Bupati Muh Basli Ali Hadiri Pisah Sambut Pangdam XIV/Hasanuddin Makassar

“Shalat gerhana ini hampir dilaksanakan diseluruh kecamatan dan untuk kecamatan Benteng dipusatkan di Masjid Agung Al Umaraini. Pemerintah Daerah berterima kasih kepada seluruh jamaah yang telah melaksanakan shalat gerhana ini. Mudah-mudahan Allah S.W.T menjauhkan Kabupaten Kepulauan Selayar dari bencana dan musibah,” tulis Arfang Arif melalui pesan Whatsapp.

Sementara materi khotbah kata dia adalah mengajak kepada seluruh jamaah untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan memperhatikan firman Allah SWT dalam Q. S. Al Munafiqun ayat 9 dan 10 tentang peringatan kepada orang beriman jangan sampai hanya mengurus harta, pangkat dan jabatan sehingga melalaikan diri mengingat kepada Allah, serta perintah berinfaq sebelum ajal datang menjemput nyawa.

Baca Juga:  Hadirkan Lorong Wisata, Camat Ujung Pandang Data Lorong Unggulan

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar juga sebelumnya telah mengeluarkan himbauan untuk melaksanakan shalat gerhana matahari. Para lurah, kepala desa dan para kepala dusun bersama masyarakatnya dihimbau untuk melaksanakan shalat gerhana matahari di mesjid masing-masing.

Dikutip dari siaran pers BMKG bahwa wilayah yang terlewati jalur cincin pada GMC 26 Desember 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Samudera Pasifik. GMC 26 Desember 2019 ini dapat diamati di sedikit Afrika bagian Timur, seluruh wilayah Asia, Samudra India, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian. (IM)


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan