Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Selayar Periksa Hewan Kurban

oleh -

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Pemeriksaan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 1441 H terus dilaksanakan oleh Seksi Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Seperti hari ini Rabu (22/7) pemeriksaan berlangsung di Barat Lambongan, Kecamatan Bontomatene.

Pemeriksaan tetap menggunakan protokol kesehatan bagi Tim Pemeriksa. Dengan menggunakan APD saat melakukan pemeriksaan.

Seksi Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian, drh. Ikhsan Fathoni Rahmat, kepada media menjelaskan kalau target yang diperiksa tahun 2020 ini agak menurun karena prospek perdagangan turut dipengaruhi pandemi.

Baca Juga:  2 Pasien Positif Covid Dirujuk ke Makassar, Sementara Hasil Swab yang Lain Juga Akan Diterima

Jika pada tahun lalu lebih 4 ratus sapi jantan yang di kirim ke Makassar dan dikurban di Selayar maka pada tahun ini hanya sekitar 3 ratusan ekor, jelasnya lagi.

Jumlah sapi jantan kebutuhan kurban di daerah ini masih sangat banyak, namun penjualannya agak melemah karena pembeli yang kemungkinan daya belinya lemah terdampak pandemi saat ini.

Baca Juga:  Wakil Bupati Pantau Lima Titik Pelaksanaan Lomba STQH XXXIII

Tim Kesehatan Hewan Dinas Pertanian terus bergerak melakukan pemeriksaan hewan kebutuhan kurban, termasuk masih akan memeriksa hewan kurban yang akan disembelih di Benteng dalam waktu dekat ini, pungkas dr. Ikhsan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Selayar, Ir. Ismail, kepada media menjelaskan kalau kegiatan pemeriksaan hewan secara kontinyu dilakukan oleh Seksi Kesehatan Hewan di Dinas Pertanian, dan untuk persiapan Hari Raya Idul Adha setiap tahun memang sudah rutin.

Baca Juga:  Kajari Selayar Adi Nuryadin Sucipto Ajak media Bangun Selayar

“Dan yang kita persiapkan adalah hewan yang akan dikonsumsi itu wajib sehat, kuncinya itu, makanya saya pesankan kepada semua tim untuk melakukan persiapan pemeriksaan dengan ketat,” pungkas Ismail. (Tim)


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan