Mahasiswa KKL Kelompok VIII Angkatan XLV Stiem Bongaya Sukses Gelar Seminar Program Kerja

oleh -
oleh

Gowa, mitrasulawesi.id — Mahasiswa Kelompok VIII kuliah kerja lapangan (KKL) Stiem Bongaya angkatan 45 Tahun akademik 2021/2022-2 mengadakan seminar usulan program kerja, sebagai bagian awal dari rangkaian kegiatan KKL di Desa Panaikang, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Panaikang, Kepala Dusun di desa Panaikang, Perwakilan Sekolah, Ketua BPD Desa Panaikang, Karang Taruna dan undangan lainya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Juli 2022, bertempat di Kantor Desa Panaikang.

 

Dalam sambutannya, Bapak Ismail. S.E selaku kepala Desa menyampaikan rasa terima kasih serta apresiasi kepada Pihak STIEM Bongaya, yang mana masih mempercayai Desa Panaikang sebagai lokasi KKL. Beliau berharap KKL kali ini dapat menjalankan prgram kerjanya dengan baik. Hal tersebut juga diamini oleh Bapak Indra, selaku Kepala Dusun Biring Romang. Beliau berharap mahasiswa KKL dapat bersinergi dengan masyarakat Desa Panaikang. Hal yang sama juga dikatakan oleh kepala Dusun yang lain.

Baca Juga:  Jadi Pembina Upacara, Sekcam Mariso Harap Jajarannya Lebih Disiplin Beri Pelayanan Prima

 

Mahasiswa KKL yang berjumlah 12 orang, dengan didampingi Bapak Dr. Muhammad Irfai Sohilauw., S.Kom., M.M, mengusulkan 4 Program Kerja Inti dan 4 program kerja tambahan dalam kurun waktu 30 hari pengabdian di Desa Panaikang, yang merupakan turunan dari tema sentral KKL 45 STIEM Bongaya yaitu penguatan Ekonomi Penguatan Kelembagaan Ekonomi Desa Di Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Diantaranya adalah memaksimalkan peran Karang Taruna dalam meningkatkan Ekonomi Desa, Sinergitas UMKM dengan lembaga keuangan, memaksimalkan pemasaran bisnis melalui Digital Marketing, serta program kerja kolaborasi dengan mahasiswa KKN Tematik Unhas dengan tema mengurangi angka stunting di Kecamatan Patallasang, terkhusus Desa Panaikang. Khusus untuk program kerja tambahan, temanya berpusat pada pengembangan dan penguatan sumber daya masyarakat, terutama dalam mensukseskan 17 nAgustus tahun 2022.

Baca Juga:  Cucu Salah Satu Pendiri Partai Golkar, Siap Bertarung di Pilwalkot

 

Dr. Irfai selaku pembimbing dalam pemaparannya sangat mengharapkan sinergitas dan kolaborasi antara semua unsur di Desa Panaikang, demi mensukseskan program kerja yang diusulkan kali ini. beliau berpesan bahwa mahasiswa KKL harus menjaga nama baik kampus, menghormati masyarakat sekitar, serta menjungjung tinggi adat dan kebiasaan masyarakat. Beliau sangat berharap KKL kali ini dapat meninggalkan sesuatu yang baik di Desa Panaikang.

Tinggalkan Balasan