Laju Pertumbuhan Ekonomi Sulteng Tertinggi Kedua Secara Nasional

oleh -

Palu, mitrasulawesi.id – Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Restuardy Daud mewakili Menteri Dalam Negeri hadir pada acara Musrenbang RKPD Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024, Selasa, (11/04/2023).

Tema dari pelaksanaan Musrenbang yaitu “Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Berbasis Komoditas Unggulan yang Didukung Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing” telah mendukung RKP Tahun 2024 yaitu “Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Baca Juga:  Selain TMMD, Kodim 1803 Fakfak Tinjau Pos Satuan BKO Koramil

Restuardy Daud menyampaikan beberapa poin penting di antaranya bahwa pembangunan daerah merupakan wujud dari dari pelaksanaan urusan pemerintahan yang telah diserahkan ke Daerah sebagai bagian integral pembangunan nasional.

Baca Juga:  Jusuf Kalla Buka Muktamar VIII DMI

“Capaian indikator makro menunjukkan hal yang sangat menggembirakan yang mana laju pertumbuhan ekonomi yang mampu tumbuh menjadi 15,17% setelah sebelumnya sebesar 11,7%. Ini merupakan laju pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua secara nasional, dan merupakan tertinggi untuk wilayah Sulawesi bahkan melebihi pertumbuhan ekonomi nasional. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi ini diikuti oleh menurunnya Tingkat Pengangguran Terbuka menjadi 3,0%, tingkat kemiskinan 12,30%, dan rasio gini 0,308 serta Indeks Pembangunan Manusia yang meningkat dari angka 69,79 menjadi 70,28,” ungkap Restuardy Daud.