Bupati Basli Ali Kukuhkan Lembaga Adat Ammaguru Ri Buki Harap Jadi Pemersatu Masyarakat

oleh -

Bupati Basli Ali yang juga selaku Ketua Dewan Pembina Lembaga Adat ini melalui sambutannya menekankan pentingnya pelestarian adat dan nilai-nilai budaya.

“Budaya memiliki sarat makna dan nilai sosial yang sangat tinggi dalam membentuk perilaku dan etika kehidupan bermasyarakat karena memiliki tuntunan, dan sifat kepedulian serta kegotong royongan,” Jelasnya.

Baca Juga:  GM PLN Sulselbar Kunjungi Bupati Selayar Bahas Rencana Peresmian PLTS Terbesar di Sulsel

Disebutkan, beberapa adat dan budaya yang dulu dihormati dan dijunjung tinggi seperti Budaya Ajjoro Tahuni, Ajjoro Pallaki, A’rera dan lainnya kini hilang dan tergusur oleh budaya modern.

“Kehadiran lembaga adat diharapkan mampu mengangkat dan merestorasi nilai-nilai budaya yang pernah ada dan membangun kearifan lokal sesuai kebutuhan dalam kehidupan masyarakat sekarang,” Imbuhnya.

Baca Juga:  Kafilah Selayar Peringkat 2 Cabang Qira'at Murattal Dewasa Putri MTQ ke XXXIII

Namun yang utama kata Bupati, menjadi sarana pemersatu bagi masyarakat untuk berkontribusi mendukung kemajuan dan proses pembangunan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Ketua Lembaga Adat Ammaguru Ri Buki, Andi Mappasessu Krg Emba Opu mengatakan dibentuknya lembaga adat ini tak lain untuk melestarikan dan mengembangkan adat isitiadat dan nilai sosial masyarakat yang pada prinsipnya bertujuan sebagai media sarana masyarakat dalam membantu dan mendukung kelancaran pembangunan daerah. (Humas-IC)


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.