Bupati MBA Sebut Pembahasan APBD Tahun Ini Paling Lancar dan Cepat

oleh -
oleh

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali (MBA) menilai bahwa dalam kurung waktu empat tahun lebih ia menjadi Bupati, pembahasan APBD tahun ini merupakan pembahasan yang paling lancar dan paling cepat, hingga ditetapkan menjadi Ranperda Tahun Anggaran 2020. Hal itu kata dia merupakan pertanda adanya kerja sama yang baik antara eksekutif dan legislatif.

Olehnya itu ia meminta kepada OPD agar bisa mengapresiasi dengan secepatnya melakukan langkah-langkah sehingga apa yang menjadi harapan DPRD secepatnya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Baca Juga:  Antisipasi Banjir, Camat Biringkanaya Control Pengerukan

Hal ini disampaikan oleh Basli Ali pada Rapat Paripurna DPRD ditetapkannya nota keuangan dan Ranperda tentang APBD Tahun Anggaran 2020, berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Selayar, Jumat (13/12/2019) malam.

“Saya sebagai Bupati tentu mencermati berbagai tanggapan dan masukan yang berkembang selama proses pembahasan oleh fraksi-fraksi di DPRD, dan akan menjadi catatan penting bagi kami dalam menjalankan amanah APBD Tahun Anggaran 2020,” kata Basli Ali.

Basli mengatakan dengan ditetapkannya nota keuangan dan Ranperda tentang APBD Tahun Anggaran 2020 diharapkan dapat menjadi payung hukum dalam menjalankan fungsi pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat. “Teriring harapan semoga dapat bermanfaat bagi daerah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar,” tuturnya.

Baca Juga:  2 Surat Pemberitahuan Pengangkatan Barang Antik di Selayar Berbeda Waktu dan Tanggal, Ada Apa?

Secara garis besar, pendapat akhir Bupati terhadap APBD Tahun Anggaran 2020 disebutkan setelah melalui pembahasan bersama disepakati pendapatan daerah ditargetkan sebanyak 1.162.580.092.942 rupiah, dengan belanja daerah sebesar 1.194.611.893.770 rupiah, sehingga terjadi defisit anggaran sebesar 32.031.800.828 rupiah.

APBD TA. 2020 menganut asas defisit anggaran. Untuk menutupi defisit anggaran guna memenuhi pembiayaan netto disepakati 32.031.800.828 rupiah, dengan penjelasan penerimaan pembiayaan 33.532.039.888 rupiah, dan pengeluaran pembiayaan 1.500.239.000 rupiah.

Baca Juga:  Sekretaris Kemenpan-RB Minta Seluruh Daerah Persiapkan Penerimaan ASN 2019

Dalam Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Selayar Mappatunru, S. Pd., serta dihadiri oleh 21 anggota dewan sehingga rapat paripurna dinyatakan kuorum. Selain Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali, hadir pula Forkopimda, para pimpinan OPD, camat, para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya. (IM)


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan