Bawaslu Sulsel Hadiri Pelantikan 33 Anggota Panwas Kecamatan di Selayar

oleh -
oleh

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Selayar, Suharno, SH., melantik dan mengambil sumpah dan janji 33 Anggota Panwascam Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Selayar yang berlangsung di Aula Gedung PKK, Jalan Muh. Krg Bonto, Benteng, Kamis (26/12/19).

Hadir dalam pelantikan tersebut diantaranya, Bupati diwakili Sekda Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si, Kapolres Selayar, AKBP Temmangnganro Machmud, S. Ik, Kasi Intelijen Kejari, Taufiqurrahman mewakili Kajari Ketua PN, Beberapa Kepala OPD dan unsur KPU, Kabag Humas Protokol, ST. Rahmania, SH.

Ketua Bawaslu Kabupaten, Suharno, SH, dalam sambutannya, bahwa, membentuk Panwas Kecamatan adalah kewenangan Bawaslu, sehingga Bawaslu Kabupaten menggunakan kewenangannya sesuai perundang undangan yang berlaku.

Baca Juga:  Kumpulkan Laskar Pelangi, Camat Ujung Pandang Sampaikan Loyalitas dan Profesionalisme

“Panwascam Pilkada Selayar yang diangkat adalah orang orang pilihan, sesuai aturan yang berlaku”, kata Ketua Bawaslu, Suharno, SH.

Sementara itu Pimpinan Bawsku Provinsi, Azri Yusuf, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa, perjalanan demokrasi Selayar, yang diharapkan masyarakat adalah terselenggaranya pemilu yang damai dan aman.

“Sehingga negara kita tidak ada alasan untuk tidak mempertahankan demokrasi”, kata Azri Yusuf.

“Tidak semua negara dalam menjalankan demokrasinya, juga ada pengawas pemilunya”, kata Azri Yusuf.

Baca Juga:  Polda Sulsel Intensitas Penindakan 60 Persen Pelanggaran Lalin

Bawaslu adalah badan komisi negara independen, ketika negara membutuhkan, maka kepemimpinannya kolektif kolegial.
Dalam struktur ketatanegaraan sehingga diberikan kewenangan untuk mengawas.

Panwascam adalah berfungsi terlalu besar, bisa mengadili, bertindak Intel dan reserse.

“Sekretariat panwas adalah menindaki pelanggaran dan bukan mengutu ngutui anggaran”, tutup Pimpinan Bawaslu Provinsi, Azri Yusuf.

Sementara itu Sekda Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M Si, mewakili Bupati, dalam sambutannya mengatakan bahwa berbicara pemerintahan, instrumennya banyak, supaya lahir pemimpin yang bisa mewujudkan, harapan masyarakat.

Kesadaran masyarakat adalah menjamin terselenggaranya pemilu aman dan lancar.

Baca Juga:  Prihatin Kondisi Sosial Pemkab Gowa Jemput Korban Gempa

“Panwaslu harus berkewajiban membimbing masyarakat dan menuntut kemampuan Panwascam, agar terselenggaranya pemilu Pilkada yang aman dan lancar,” jelas Sekda H. Marjani Sultan.

Dalam sambutannya Sekda, H. Marjani Sultan berharap agar Panwas bekerjalah dengan baik. Panwas dan Bawaslu semkain mendekati Pilkada, harus yakin bahwa semua yang terjadi adalah kehendak Allah, dan musibah juga datangnya dari Allah, dibalik kesusahan pasti ada kemudahan. (Rds)


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan