Peringatan Hut Ke-75 TNI, Pangdam XVIII/Kasuari Pimpin Apel Bersama

oleh -
oleh

Manokwari, mitrasulawesi.id – Saat ini dimata masyarakat TNI memiliki tingkat kepercayaan yang paling tinggi diantara lembaga-lembaga institusi lainnya. Ini berarti kita dihargai, dipercaya, dibanggakan atas karya-karya pengabdian yang kita lakukan selama ini.

“Jangan pernah lelah dalam membantu masyarakat dan menegakkan kedaulatan NKRI. Untuk itu, kita harus terus menjaga amanah dan kepercayaan rakyat yang telah diberikan kepada TNI”, kata Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han).

Ungkapan ini disampaikannya dalam pengarahannya pada acara Apel Bersama memperingati HUT Ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2020, yang diikuti oleh segenap Prajurit dan PNS di lingkungan Markas Kodam XVIII/Kasuari, Senin (5/10/2020) di lapangan upacara Makodam XVIII/Kasuari, Trikora Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Pada kesempatan ini Pangdam XVIII/Kasuari menyampaikan bahwa Tema HUT Ke-75 TNI tahun 2020 yakni “Sinergi Untuk Negeri” memiliki arti dan makna yang sangat mendalam.

“Didalam kata-kata sinergi banyak sekali nilai yang dapat kita ambil. Pertama adalah nilai-nilai kerjasama. Selanjutnya ada nilai-nilai saling bahu membahu, nilai berkolaborasi, bekerja sama, dan mengisi ruang-ruang kosong yang tidak mampu diisi oleh (lembaga) yang lainnya. Sebagai contoh, seorang Tentara bekerja membantu masyarakat sebagai Guru, Mantri Kesehatan, Petani dan lain sebagainya. Jadi nilai-nilai Sinergitas ini luar biasa. Bagaimana kita harus membantu, bersinergi dengan Polri, Pemda, serta komponen bangsa lainnya untuk bergerak bersama memajukan Provinsi Papua Barat,” ucap Mayjen I Nyoman Cantiasa.

Baca Juga:  Kapolres Selayar Temukan Makanan Kedaluarsa dan Gudang Penyimpanan Diduga tidak Memiliki Izin

“Kita dipercaya untuk menjaga stabilitas keamanan yang ada di sini sehingga masyarakat kita bisa bekerja mencari uang untuk menafkahi kehidupan dirinya dan keluarganya, juga guna menempuh cita-citanya. Jadi saya minta kepada kalian semua agar bisa menjadi seorang Prajurit TNI yang profesional, yang mampu bersinergi, bisa berkolaborasi, mau menerima masukan, dan mampu berinovasi untuk mensukseskan pembangunan nasional ,” tambahnya.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa tugas pokok TNI dalam rangka menjaga stabilitas keamanan tidak terlepas dari perkembangan lingkungan strategis, sehingga dinamika globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus benar-benar dipahami dan dicermati.

Untuk itu, menurut Pangdam, institusi TNI, Polri, Pemda, dan komponen bangsa lainnya harus selalu bersama-sama, kompak dan bersinergi dalam menyelesaikan berbagai tugas negara, diantaranya terkait dengan agenda pesta demokrasi Pilkada yang tidak lama lagi akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia, tidak terkecuali di wilayah Papua Barat.

Baca Juga:  Camat Manggala : Longwis Percepat Pemulihan Ekonomi

Sehubungan dengan itu, Pangdam Mayjen I Nyoman Cantiasa berpesan kepada seluruh prajuritnya untuk tetap bersikap Netral selama berlangsungnya rangkaian kegiatan Pilkada tersebut hingga selesai.

“Prajurit Kodam XVIII/Kasuari harus Netral, harus menjadi milik masyarakat Indonesia dan masyarakat Papua Barat,” kata Pangdam XVIII/Kasuari.

“Saya minta kalian membantu pengamanannya dan yang paling penting yang harus diwaspadai adalah kemungkinan terbentuknya klaster baru Covid-19 pada saat kampanye, pencoblosan, dan lain sebagainya selama berlangsungnya rangkaian kegiatan Pilkada serentak di Papua Barat,” ujarnya.

“Menyangkut Covid-19 kita tidak boleh main-main. Untuk itu saya minta kepada kalian semua, selamatkan dirimu, keluargamu, dan selamatkan warga kita khususnya yang berada di Papua Barat ini. Masyarakat yang tidak mengerti tentang Covid-19 ini agar diberitahu, diedukasi, diberikan pemahaman, dan disosialisasikan tentang segala sesuatu menyangkut pandemi Covid-19 berikut akibat yang dapat ditimbulkannya bagi diri kita, keluarga, masyarakat sekitar maupun bagi bangsa dan negara,” sambung Mayjen I Nyoman Cantiasa.

Disaat pengarahan Pangdam pada kegiatan Apel Bersama Prajurit dan PNS Makodam XVIII/Kasuari ini sedang berlangsung, Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Dr Tornagogo Sihombing, S.I.K., M.Si. beserta rombongan PJU Polda Papua Barat dan jajarannya mendatangi Makodam dan memberikan kejutan kepada Pangdam XVIII/Kasuari berupa pemberian ucapan Selamat HUT Ke-75 TNI berikut tumpeng dan kue ulang tahun. Pada kesempatan itu juga, Kapolda Papua Barat yang merupakan satu angkatan di Akademi TNI-Polri dengan Pangdam XVIII/Kasuari, yakni sama-sama alumni 1990 (Akpol – Akmil) memberikan sambutan dan motivasi kepada para Prajurit dan PNS TNI AD di lingkungan Makodam, yang intinya personel Polri di seluruh jajaran Polda Papua Barat akan selalu siap untuk terus bersinergi dengan para Prajurit di seluruh satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari.

Baca Juga:  Kesbangpol Selayar Tandatangani Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas Tahun 2020

Usai Apel Bersama, para pejabat TNI, Polri, dan Forkopimda melanjutkan kegiatan mengikuti Upacara Virtual Peringatan HUT Ke-75 TNI tahun 2020 yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo dari Istana Negara, Jakarta. Turut dalam kegiatan ini, Pangdam XVIII/Kasuari, Gubernur Papua Barat, Kapolda Papua Barat, Kasdam, Irdam, dan Kapoksahli serta Kabinda, Kajati, Ketua DPRD, dan Ketua Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB), serta Kafasharkan TNI AL Manokwari.
(rls/tim)

Tinggalkan Balasan