HUT 415 Kota Makassar : HMI Cabang Makassar Berikan Blueprint Rekomendasi

oleh -
oleh

Makassar, MitraSulawesi.id– Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar melalui Bidang Kebudayaan dan Parawisata (KP) telah berhasil melaksanakan Dialog Budaya Paccarita Talk Show dengan tema, “415 Tahun Kota Mangkasarak : Makassar dahulu, kini, dan yang akan datang”.

Tema yang diangkat oleh Bidang KP merupakan momentum merayakan hari ulang tahun Makassar ke 415 tahun. Selain itu, kegiatan tersebut menjadi bahan refleksi atas permasalahan bangsa yang dimulai pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), dimana Pemuda di daerah sebagai patron dan penyokong kaderisasi kepemimpinan.

Masalah tersebut terjadi karena beragamnya masalah kepemudaan di Kota Makassar, seperti konflik antar kelompok pemuda yang terjadi sampai ke tataran dunia kemahasiswaan. Ia menganggap perlu memikirkan cara untuk mengatasinya, karena untuk memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Maka harus mulai dari Makassar untuk menyelesaikan mentalitas pemudanya.

Baca Juga:  Prof Rudy Apresiasi Masukan DPRD Tentang RTRW

Rudianto Lallo sebagai salah satu narasumber mengajak pemuda yang hadir khususnya para kader HMI Cabang Makassar untuk mempelajari kota ini.

“Tallo sebagai awal dari peradaban Kota Makassar, dan penyebaran Islam juga erat kaitannya dengan berdirinya kota ini,” tegas Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo.

Hasil dari Dialog Budaya Paccarita Talk Show ini akan menjadi Blueprint rekomendasi untuk Pemerintah Kota dan DPRD Makassar, lanjut diterangkan Ketua Bidang KP, Resky Seniawan Gasmin saat menyampaikan laporan kegiatan yang bertempat di Karebosi Primer Hotel, (10/11/2022), Kamis Pekan Lalu.

“Atas masalah kepemudaan yang khususnya memperbaiki tatanan nilai lokal sebagai pelajaran hidup pemuda di Kota Makassar. Kepada Pemerintah Kota dan DPRD membentuk sebuah program berkelanjutan untuk mengembangkan potensi pemuda melalui Local Wisdom dan kemajuan globalisasi dengan semangat berkebangsaan, dengan salah satu cara meneladani para pahlawan Kota Makassar seperti Abdullah Daeng Sirua, Emmy Saelan dan Yusuf Daeng Ngawing”, tutup Resky saat akhir memandu jalannya kegiatan Paccarita Talk Show.

Paccarita Talk Show ini menghadirkan narasumber Rudianto, Ketua DPRD Makassar, Budhi Haryanto, Kapolrestabes Makassar, dan Arifin Manggau, Akademisi UNM , serta Open Speach atau Ketua Umum HMI Cabang Makassar, Muhammad Arsy Jayilolo, Ketua Bidang Kebudayaan dan Pariwisata dan diskusi tersebut di pandu oleh Resky Seniawan Gasmin.(Ube/Tim)

Baca Juga:  Prof Rudy Hadiri Acara Kalla Meet Kembangkan Potensi Makassar