Untuk Mendukung Produk Inovasi Berbasis Riset dan Teknologi, Inkubator Bisnis Unhas Kembali Gelar Hasanuddin Enterpreneur and Innovator Festival 2019

oleh -

Makassar, Mitrasulawesi.id – Sejalan dengan Nawacita dan fokus Pemerintah saat ini, yaitu untuk mendukung pertumbuhan startup dan melakukan transformasi perekonomian negara dari ekonomi berbasis resource based economy menjadi ekonomi berbasis knowladge based economy.

Inkubator Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Bisnis Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Hasanuddin Entrepreneur and Innovator Festival (HEI Fest) 2019 untuk yang kedua kalinya.

HEI Fest merupakan salah satu program unggulan Inkubator Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Bisnis Universitas Hasanuddin (Inkubator UPKB), yang bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk inovasi kampus yang berbasis riset dan teknologi. Disisi lain HEI Fest juga mendukung Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengeksplore potensi dari produk masyarakat dengan menyediakan sarana pameran produk.

Kegiatan HEI FEST 2019 berlangsung pada tanggal 16 -18 September 2019, di pelataran Area Sport Art Center Unhas, Jl. Perintis Kemerdekaan KM 10, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar. Serangkaian acara menjadi agenda tak terpisahkan dari “HEI Fest 2019” diantaranya exhibition (pameran), seminar wirausaha, Klinik Bisnis, Marketing Challenges dan Instagram Challenges yang tentunya memberikan edukasi kepada mahasiswa dan masyarakat umum, sehingga dapat menambah pengetahuan khususnya yang ingin menggeluti dunia wirausaha.

Pameran kali ini menghadirkan 25 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Sulsel. Adapun produk yang dihadirkan yakni di bidang kuliner, kerajinan tangan, IT, serta produk inovasi lainnya.

Ada yang berbeda dari pelaksanaan HEI FEST Tahun 2019 ini karena pada pelaksanaan Seminar Wirausaha ikut menggandeng Bukalapak, salah satu Unicorn Indonesia yang bergerak dibidang teknologi jual beli barang secara online (e-Commerce) yang telah sukses membina lebih dari 6 juta jumlah penjual/pelapak, Dan ada lebih dari 5 ribu komunitas yang diberdayakan dilebih dari 140 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Acara ini dikemas dalam kegiatan bertajuk “Belajar Ngelapak Bareng Bukalapak goes to Universitas Hasanuddin” yang diselenggarakan Selasa 17 September 2019. Seminar ini menghadirkan pembicara dari Bukalapak diantaranya Ayudhia (Community Development Design Bukalapak) dan Firdaus Panderaja (Senior Manager of Investment Bukalapak).

Dr. Ir Mardiana E. Fachry, M.Si (Ketua Inkubator UPKB Unhas) menyebutkan “kegiatan HEI Fest ini dilakukan inkubator sebagai upaya mendukung dan mengembangkan iklim wirausaha dalam kampus. Ditambahkan oleh Prof. dr. Muh. Nasrum Massi Ph.D (Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan Universitas Hasanuddin) dalam sambutannya saat membuka kegiatan bahwa sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan seperti ini,”.

Prof. Nasrum juga berharap kegiatan ini akan menjadi starting point untuk melakukan hilirisasi Produk-produk inovasi dosen dan mahasiswa yang saat ini kebanyakan berakhir sebagai laporan penelitian menjadi suatu produk yang dapat dijual dan dilakukan produksi skala besar (mass production) dan dapat menyelesaikan masalah dimasyarakat dan sejalan dengan visi unhas menjadi #Entrepreneuruniversity dan juga #Humaniversity.