Sebanyak 50 Peserta Rakernister Kodam XVIII/Kasuari, Susanto Dwi Asmara Titip Pesan

oleh -
oleh
Sebanayak Rapat Kerja Teknis Teritorial (Rakernister) Kodam XVIII/Kasuari, Jumat (6/3/2020) di Aula Makodam XVIII/Kasuari, Arfai I, Manokwari, Papua Barat.

Manokwari – mitrasulawesi.id – Manfaatkan, kelola anggaran secara profesional dan hindari keterlambatan program/kegiatan, serta minimalisir segala kendala dan hambatan yang ditemui.

Asisten Teritorial (Aster) Kodam XVII/Kasuari Kolonel Kav Susanto Dwi Asmara, S.H. sampaikan pesan kepada para peserta Rapat Kerja Teknis Teritorial (Rakernister) Kodam XVIII/Kasuari, Jumat (6/3/2020) di Aula Makodam XVIII/Kasuari, Arfai I, Manokwari, Papua Barat.

Rakernister ini merupakan kelanjutan dari Rapat Pimpinan (Rapim) Kodam XVIII/Kasuari. Dalam sambutannya saat membuka Rakernister tersebut, Aster Kodam juga mengatakan bahwa tujuan Rakernister adalah untuk membahas kegiatan secara teknis, dan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran bidang teritorial TA. 2019.

Foto Bersama di Aula Makodam XVIII/Kasuari, Arfai I, Manokwari, Papua Barat.

“Rakernister selain bertujuan menyampaikan kebijakan pimpinan di bidang teritorial tahun 2020, sekaligus sebagai media untuk mencari solusi permasalahan yang di hadapi oleh Satkowil dan Satnonkowil, sehingga pelaksanaan program dan anggaran bidang teritorial TA.2020 dapat berjalan lancar, efektif dan efisien,” ujar Susanto.

Baca Juga:  New Normal di Kabupaten Sidrap, Bhabinkamtibmas Masuk Mesjid

“Rakernister Kodam XVIII/Kasuari TA. 2020 ini mengacu pada tema “Tanggap, Kreatif dan Inovatif dalam Implementasi Binter TNI AD,” tambahnya.

Dalam Rakernister itu juga dibacakan kebijakan Pangdam XVIII/Kasuari TA. 2020 bidang Binter, diantaranya:

“Meningkatkan pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan program Binter, meningkatkan kemampuan teritorial Apkowil dan nonkowil, melalui pendidikan, pelatihan, dan penataran, meningkatkan kualitas Serbuan Teritorial dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah, meningkatkan peran Satkowil dalam pengumpulan data teritorial.

Melanjutkan pembinaan melalui pendidikan dan penataran bagi seluruh Apter sebagai Pembina Pramuka “Saka Wira Kartika, melanjutkan pembinaan Bela Negara, melalui pendidikan dan penataran bagi seluruh komponen masyarakat, meningkatkan sinergitas program Komunikasi Sosial (Komsos) dengan program pemerintah, meningkatkan Komsos, melalui pemanfaatan Medsos dan literasi digital, membantu pemerintah dalam pemerataan pembangunan dan perbaikan infrastruktur, membantu pemerintah dalam mengatasi kesulitan masyarakat dan bantuan kemanusiaan, serta dalam pengelolaan lingkungan hidup,” jelas Susanto

Baca Juga:  CEO KGI Akui Wisata Selayar Indah dan Super Hebat

Adapun program prioritas penyelenggaraan Binter Kodam XVIII/Kasuari di TA. 2020, meliputi:

“Melanjutkan pemberian Dukungan Operasi (Dukops) Babinsa dan organisasi serta merubah nomenkelatur jabatan, Babinsa yang semula Bintara Pembina Desa pangkat Koptu sampai dengan Peltu, menjadi Bala Pembina Desa, memperkuat Satkowil, dengan membentuk 1 Kompi Teritorial di setiap Kodim, mengoptimalkan pembinaan Netralitas TNI dalam Pilkada tahun 2020.

Melanjutkan susunan rencana rinci wilayah pertahanan darat, cegah tangkal separatisme atau radikalisme maupun ajaran lain yang bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, dilaksanakan melalui Komsos dengan masyarakat,” paparnya

Baca Juga:  Dapat Siswa Bolos Diwilayah Hukumnya, Kapolsek Bissappu Bantaeng Berikan Pembinaan

“Melalui berbagai kebijakan dan rencana kegiatan tersebut, diharapkan dapat memperbaiki dan mengatasi berbagai permasalahan yang masih muncul di TA. 2019, yakni sistem pengendalian, pengawasan, dan evaluasi yang belum optimal, juga masih lemahnya koordinasi antar satuan dan instansi terkait,” kata Aster Kodam Kolonel Susanto.

Rakernister diikuti 50 orang peserta, terdiri dari para Dandim, para Kasi dan Pasi Ter masing-masing Korem 181/PVT dan jajaran Kodim, serta Perwira lainnya yang memangku jabatan di bidang jabatan Teritorial lainnya. (rls)


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan