Lewat Paripurna, DPRD Nilai Kinerja Pemkab Gowa Sebagian Besar Cukup Target

oleh -
oleh

GOWA, mitrasulawesi.id- Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa menilai bahwa secara umum indikator capaian kinerja pemerintah daerah Tahun Anggaran 2020 sebagai besar sudah memenuhi target.

Hal ini disampaikan oleh, Sekretaris Pansus LKPJ DPRD Kabupaten Gowa, Natsir Sega saat Rapat Paripurna Istimewa Penyampaian Rekomendasi DPRD atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gowa Tahun Anggaran 2020 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Gowa, Kamis (29/4).

“Secara umum DPRD Kabupaten Gowa berpendapat bahwa indikator capaian kinerja pemerintah daerah tahun anggaran 2020 terhadap penyelenggaraan pemerintahan, baik urusan wajib maupu urusan pilihan sebagian besar sudah memenuhi target,” ungkapnya.

Menurutnya hal ini setelah dilakukan pembahasan dan kajian LKPJ Bupati Gowa Tahun Anggaran 2020 dari tanggal 14 hingga 28 April dengan melibatkan jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa serta melakukan peninjauan langsung di lapangan.

Baca Juga:  Bentuk Kebersamaan, KPPG Gowa Makan Beralaskan Daun Pisang

Seperti di Pendapatan Daerah, Natsir Sega menyebutkan bahwa dari target Pendapatan tahun anggaran 2020 sebesar Rp. 1.845.932.697.136,- dan
terealisasi sebesar : Rp 1.883.818.117.705,74 atau sebesar 102,05%.

“Khusus untuk PAD yang ditargetkan sebesar Rp 228.174.016.623 dan
terealisasi sebesar Rp 241.470.327.965,34 atau 105,83%. Sekaitan dengan ini kami dari Pansus LKPJ menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas pencapaian target yang melebihi dari target PAD yang direncanakan, apalagi saat ini kita masih dilanda pandemi Covid 19,” ucapnya.

Walaupun demikian, dirinya tetap merekomendasikan agar pemerintah
lebih proaktif menggali potensi potensi sumber PAD melalui pengkajian dan evaluasi terhadap sumber-sumber pendapatan baik pajak dan retribusi secara berkala.

“Kami juga mengharapkan agar SKPD meningkatkan kesadaran dan kepatuhan serta kepercayaan masyarakat atau lembaga dalam memenuhi kewajiban untuk membayar pajak dan retribusi serta meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang lebih intensif,” lanjutnya.

Baca Juga:  Pasca Idhul Adha, Sat Sabhara Polres Gowa Berbagi Daging Qurban buat Kaum Dhuafa

Sementara dari segi belanja daerah Natsir Sega menyebutkan dari jumlah Proyeksi Belanja pada tahun 2020 yang dianggarkan sebesar Rp 1.987.739.942.507,36 sampai dengan akhir TA 2020, telah direalisasikan sebesar Rp 1.882.409.690.018,55 atau sebesar 94,7 persen.

Dari segi belanja, dirinya menyebutkan penggunaan anggaran diprioritaskan pada penangan Covid-19 serta dampak yang ditimbulkan berupa belanja kesehatan, jaring pengaman sosial dan pemulihan ekonomi.

“Disamping itu kami berharap pemerintah daerah juga lebih insentif dalam melakukan komunikasi untuk penggunaan APBD yang lebih maksimal,” harapnya.

Rekomendasi lain yang disampaikan oleh Politisi PDI Perjuangan ini di antaranya meminta Dinas Pekerjaan Umum untuk selalu mengedepankan profesionalisme dan kualitas mutu serta terus melakukan pengawasan di lapangan agar pekerjaan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Baca Juga:  Diaspora di Sulawesi Membawa Pengaruh Hingga ke Mancanegara

“Kami memberikan apresiasi kepada Bapak Bupati Gowa dan Wakil Bupati Gowa atas berbagai upaya yang telah dilakukan dalam membangun Gowa, sehingga masyarakat semakin sejahtera. Seperti pembangunan
Infrastruktur yang memperlihatkan kemajuan yang signifikan,” tutupnya.

Sementara Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni juga menyampaikan terimakasih kepada DPRD Kabupaten Gowa atas kerjasama selama ini membangun Gowa. Dirinya juga mengaku siap menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan oleh Pansus DPRD Kabupaten Gowa.

“Kami apresiasi DPRD dan Insya Allah apa yang disampaikan setiap saran, catatan dan masukan akan kami tidak lanjuti kedepan,” tandasnya.

Turut hadir dalam Rapat Paripurna ini jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa, Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Hj. Kamsina, Pimpinan SKPD dan Camat Lingkup Pemkab Gowa.(JN)

Tinggalkan Balasan