Bupati Basli Ali Apresiasi dan Optimis dengan Program Sekolah Penggerak

oleh -

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Bupati Kepulauan Selayar menuturkan komitmennya untuk mendukung dan siap menyukseskan penyelenggaraan Program Sekolah Penggerak yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia.

“Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah, olehnya itu kami siap bersinergi serta mendukung Kemendikbudristek RI dalam menyukseskan Program Sekolah Penggerak,”

Demikian Bupati Basli Ali menuturkan saat menerima kunjungan Perwakilan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Dr. H. Abdul Halim Muharram M.Pd,  di Rumah Jabatannya, Jl. Ahmad Yani Benteng – Selayar, Senin, (6/9/2021)

Menurutnya, cara dan sistem pendidikan yang selama ini ada sudah tidak relevan lagi dengan kondisi sekarang, perlu diperbaharui, apalagi dengan adanya Pandemi Covid-19, dibutuhkan inovasi dan kreativitas yang sejalan dengan tuntutan zaman dan perkembangan teknologi.

“Saat ini dibutuhkan metode pembelajaran dengan paradigma baru untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan pengembangan siswa khususnya didaerah,” cetusnya

Basli Ali pun mengapresiasi dan mengaku optimis dan yakin dengan inovasi dan transformasi pendidikan melalui Penyelenggaraan Program Sekolah Penggerak, mutu pendidikan yang diterima oleh anak-anak Indonesia semakin maju dan berkualitas.

Selain itu dalam pertemuan tersebut, Bupati Basli Ali juga menyampaikan bahwa Kabupaten Kepulauan Selayar saat ini telah dinyatakan sebagai salah satunya daerah yang ada di Sulawesi Selatan sebagai zona hijau dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)  level 2 (dua), sehingga pelaksanaan sekolah tatap muka 50% sudah dibuka beberap waktu lalu, hal ini sesuai instruksi Menteri dalam negeri.

Mewakili Dirjen Pendidikan Anak Usia dini, Abdul Halim menjelaskan bahwa Program Sekolah Penggerak merupakan rangkaian dari Program Merdeka Belajar dan Sekolah Penggerak ini adalah sekolah yang melibatkan semua stakeholder yang ada.

“Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.” Jelasnya

Dikatakan kemudian terpilihnya Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan suatu kepercayaan dari Kemendikbud RI, hal ini tentu melalui berbagai indikator penilaian, karena tidak semua kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan tersentuh program sekolah penggerak di Tahun 2021 ini.

Tambahan Informasi, Pada pertemuan ini juga dilaksanakan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Kapulauan Selayar dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tentang Penyelenggaraan Sekolah Penggerak.(Kominfo-IC)