BAK: Literasi Sangat Dibutuhkan Anak Cucu Pejuang Apalagi di Gowa

oleh -

Gowa,Mitrasulawesi.id– Penulis buku Nasional sekaligus penggagas Perpustakaan Lorong Makassar, Bachtiar Adnan Kusuma (BAK), bertandang ke kampung halaman Kabupaten Gowa, untuk berkolaborasi dengan Pemuda Panca Marga (PPM) dalam pengembangan Literasi.

Hal ini dibuktikan saat BAK bersilaturahmi langsung dengan Ketua PPM Gowa Abdul Rasyid Coa Dg Gappa, dan H. Boy yang juga mantan ketua PPM Gowa, di Cafe Riolo Jl.Mesjid Raya Sungguminasa kabupaten Gowa.

BAK yang juga penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional, akan menularkan Virus literasi ke anak pejuang kemerdekaan.

” Gowa adalah daerah yang penuh dengan sejarah, sehingga dibutuhkan penguatan literasi sebagai bukti kepada generasi muda agar tidak melupakan sejarah,” salut BAK yang juga Ketua Tim Ahli Ranperda DPRD Kabupaten Maros.

Baca Juga:  Kodam XVIII/Kasuari Sembelih 16 Ekor Hewan Qurban di Hari Idul Adha 1441 Hijriah

Bachtiar pun mengharap kehadiran Literasi di Gowa akan menjadi gagasan baru di kalangan pemuda khususnya anak cucu pejuang veteran.

“Di Gowa banyak tokoh-tokoh Pahlawan Nasional yang bisa menjadi rujukan, ada Sultan Hasanuddin, Karaeng Pattingalloang, dan Syech Yusuf Al-Makassari, dan beberapa pejuang veteran kemerdekaan RI, sehingga untuk mengingat perjuangan mereka wajib dituliskan,” paparnya saat dijumpai langsung wartawan, Sabtu (30/7).

Baca Juga:  Pemuda Pantama Salurkan Kebutuhan Puasa di Panti Asuhan dan Menu Buka Puasa

Sementara itu Abdul Rasyid Coa menyambut positif kehadiran BAK ke Gowa, selain BAK cucu Veteran Lapanrita Daeng Rau dari Talamangape, Bontonompo, dia juga sebagai tokoh literasi Nasional.

” Bachtiar bukan orang lain di Gowa, selain kakek Lapanrita Daeng Rau adalah seorang pejuang di Bontonompo dan nama kakeknya dari ayahnya Mansyur Daeng Ngawing(Tokoh Pejuang Veteran) bernama Kapten M.Ali Daeng Gassing yang dimakamkan di makam Pahlawan Karisa Jeneponto, didiabadikan nama jalan di Jeneponto, jadi wajar jika dia ikut bergabung di PPM Gowa sebagai Tim Pakar” cetusnya ketua PPM belum segenap setahun dilantik.

Baca Juga:  Lebarkan Sayap, GANN Sulsel Beri Mandat Pembentukan Gowa

Dg Coa pun menyampaikan PPM membutuhkan sosok pemikiran seperti BAK, untuk bisa mengembangkan literasi dan berkolaborasi dengan anak cucu pejuang.

” BAK pantas dan layak menjadi Dewan Pemikir di PPM Gowa, apalagi kemampuan beliau dalam pengembangan Literasi sudah tidak diragukan, sesuai dengan program kerja PPM yang sudah disepakati,” tutup Dg Gappa.

Dalam diskusi ini, hadir pula Arif Wangsa Dg Nai sebagai Wakil Sekertaris PPM, dan juga penggiat Literasi Kabupaten Gowa. (Ar/tim)

Tinggalkan Balasan