Rawat Warisan Leluhur, ATS Bangun Arena Maggasing

oleh -
oleh
Andi Tenri Sangka SE

Sidrap, MitraSulawesi.id– Koboy dari Timur. Ya, itulah julukan Andi Tenri Sangka SE (ATS). Andi Tenri Sangka atau kerap disapa Andi Kengkeng, selain beliau memiliki rasa kepedulian terhadap Sungai Bila, ia juga ternyata memiliki rasa kepedulian terhadap budaya.

Melansir postingan Andi Tenri Sangka melalui akun Facebooknya, bentuk kepedulian beliau terhadap warisan budaya ini dengan menyediakan fasilitas arena permainan maggasing (Bermain gasing).

Permainan maggasing merupakan salah satu permainan yang ada di wilayah Sulawesi Selatan, khusus di wilayah persebaran masyarakat Bugis, permainan ini diawali dengan menggunakan alat permainan yang terbuat dari buah salah satu jenis pohon yang populer di wilayah Sulawesi Selatan, yaitu buah pude, bentuknya bulat dan batoknya mempunyai isi.

Baca Juga:  Kunjungi Dinas P3A, IMM Sidrap Ajak Pemda Atasi Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak

Isi buah terlebih dahulu dikeluarkan dari batoknya dengan cara memberi lubang pada sisi tengahnya. Setelah isi dikeluarkan, batok buah tersebut diberi tangkai dari rautan bambu. Untuk memainkan atau memutarnya, tangkai tersebut yang diputar dengan tangan.

“Inisiatif ini kami lakukan karena masukan masyarakat untuk melestarikan warisan budaya leluhur, salah satunya, maggasing,” jelas Andi Tenri Sangka SE saat kami konfirmasi, Senin, 06/02/23.

Lanjut Andi Tenri Sangka “Perkembangan teknologi menjadi tentangan permainan tradisional saat ini. Makanya, sebagai upaya untuk menyeimbangi hal itu kami, dari Sahabat ATS membangun arena tempat bermain gasing bagi anak-anak”, jelasnya.

Baca Juga:  Dandim Sidrap Bersama BAZNAS Hampir Menyelesaikan RTLH

Melalui awak media kami, ia juga mengajak masyarakat Kabupaten Sidrap untuk menjaga dan melestarikan budaya maggasing.

“Insya Allah, ke depan kami bakal menggelar lomba maggasing mulai dari tingkat anak-anak hingga masyarakat pada umumnya. Ayo lestarikan warisan leluhur kita, kalau bukan kita siapa lagi, jangan sampai punah akibat ketidakpekaan kita,” ajaknya.

Di akhir perbincangan dengan awak media kami, Andi Tenri Sangka SE juga menjelaskan permainan maggasing merupakan permainan yang banyak diminati masyarakat Kecamatan Pitu Riase, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.(HK/Tim)