Satgas TMMD 118 Kodim 1416 Muna Sosialisasi Pencegahan PMK

oleh -

Muna, mitrasulawesi.id – Satuan Tugas (Satgas) TNI Manungal Membangun Desa (TMMD) ke 118 Kodim 1416/Muna lakukan penyuluhan dan sosialisasi peternakan pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Penyuluhan tersebut diberikan kepada warga yang berada di Desa Lamorende Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna yang berlangsung di Aula Kantor Desa Lamorende, Jumat, (6/08/2023).

Program penyuluhan dan sosialisasi peternakan pencegahan PMK itu ialah salah satu program TMMD yang ada dan masuk dalam objek sasaran Non Fisik Satgas TMMD ke 118 Kodim 1416/Muna.

Baca Juga:  Upaya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Polda Sulbar, Vitamin dan Masker Jadi Sarana Utama

Maulana selaku penyuluh Peternakan Kecamatan Tongkuno dan Kecamatan Tongkuno Selatan mengatakan, penyuluhan Peternakan merupakan sebagai bentuk antisipasi dan deteksi dini tentang persoalan PMK pada hewan ternak, mengingat penyakit itu dapat menyebar dengan cepat.

“Tujuan dilaksanakan penyuluhan PMK, dengan harapan tepat sasaran bagi masyarakat yang mempunyai hewan ternak. Setelah ada penyuluhan PMK ini, masyarakat peternak bisa memahami cara mencegah atau mengobati apabila hewan ternaknya ada gejala PMK,” ucapnya.

Para peternak diberikan pemahaman tentang apa saja gejala virus PMK pada sapi serta melaporkan kepada petugas jika ada ternak yang mengalami gejala.

Baca Juga:  Perbaikan Infrastruktur Masih Keluhan Utama Dalam Reses AJP

“Langkah yang bisa dilakukan pemilik ternak jika sapinya terkena wabah PMK diantaranya ialah, memantau serta melaporkan kepada petugas kesehatan jika ada hewan ternak yang sakit, di larang membeli/memasukkan hewan ternak area dalam maupun luar Kabupaten. Mengontrol akses masyarakat terhadap ternak dan peralatan, di sinfeksi kandang secara rutin minimal dua kali sehari dan memberikan suplemen (jamu tradisional/herbal yang terbuat dari temulawak, kunyit dan gula), perawatan pada luka, serta vitamin kepada ternak untuk daya tahan tubuh,”

Baca Juga:  Ini Pemimpin KNPI Gowa yang Baru

Pada kegiatan tersebut dihadiri Dan SSK TMMD Lettu Inf Hamid, Kapolsek Tongkuno Iptu Hasan, Babinsa Desa Lamorende Serka Laode Beni, Sekretaris PPK Kab. Muna La Berita, petugas Penyuluhan Peternakan dari Kecamatan Ibu Maulana, Kepala Desa Lamorende, serta undangan sekitar 50 orang. (Pen)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.